Fattah, Abdul (2016) Proceeding: 1 st annual international conference on islamic organization of Nahdlatul Wathan (1 st Aicio-NW 2016): Orientasi baru paedagogik: merancang pendidikan agama berwawasan pluralis- multikultural. AICIS, 12 (1). pp. 242-249. ISSN 978-602-60761-0-6

[img] Text (Proceeding)
Text.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)
[img] Text (Peer Review)
Orientasi baru.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (404kB)

Abstract

INDONESIA Seiring dengan lahirnya era reformasi di indonesia, terdapat beragam tuntutan yang di alamatkan ke dalam dunia pendidikan, tidak terkecuali pendidikan agama, pendidikan agama yang berwawasan pluralis-multikultural harus dirancang dan dikembangkan secara integratif, konprehensif dan konseptual, di mana rancang bangun pelaksanaannya sedikitnya harus berdasarkan susunan 4 piranti, yakni refomasi, kurikulum, pengajaran prinsip-prinsip keadilan sosial, pengembangan kompetensi multikultural, dan pelaksanaan pendidikan kesetaraan, dalam konteks pendidikan agama berwawasan multikultural, seorang pendidik (guru) dituntut bersikap demokratis. seorang pendidik sudah seharusnya menjelaskan bahwa inti dari ajaran agama adalah menciptakan kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia dan segala bentuk kekerasan sangat dilarang oleh agama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: paedagogik; wawsan multikultural; pendidikan agama
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Dr Abdul Fattah
Date Deposited: 08 Nov 2021 03:54
Last Modified: 23 Nov 2021 06:45
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/658

Actions (login required)

View Item View Item