Suhandra, Ika Rama (2015) Pengembangan bahan ajar Bahasa Inggris berbasis komunikatif [studi pengembangan di Jurusan IPS-Ekonomi IAIN Mataram]. In: Antologi hasil penelitian manajemen kelembagaan dan pembelajaran dalam praktis pendidikan Islam. Pusat Peneltian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 107-128. ISBN 978-602-72451-7-4

[img] Text (Book Section)
1Ika Rama Suhendra 107-128.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (589kB)

Abstract

INDONESIA Bahasa Inggris di IAIN Mataram, dianggap sebagai salah satu mata kuliah yang sangat penting. Hal ini dibuktikan dengan porsi maupun SKS yang ditawarkan. Bahasa Inggris diajarkan secara berjenjang disesuaikan dengan tingkat semester mahasiswa dan diajarkan pada tiga semester berturut turut. Pada semester satu dan dua, mahasiswa mendapat mata kuliah matrikulasi bahasa Inggris satu dan dua, sementara di semester tiga, mahasiswa mendapat mata kuliah bahasa Inggris.Matrikulasi satu dan dua di IAIN Mataram merupakan salah satu prasyarat dalam penentuan kelulusan mahasiswa. Artinya bahwa mereka tidak bisa wisuda sebelum lulus di kedua matakuliah tersebut. Dalam pengajaran bahasa, memahami konsep kompeten si komunikatif dan mengaplikasikannya adalah hal yang tidak mudah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah, pengalaman dan strategi mengajar sebelumnya yang dipakai oleh seorang dosen, input mahasiswa, dan fasilitas yang tersedia di jurusan tersebut. Kesulitan dalam mengadopsi konsep ini harus berhadap-hadapan dengan konsep-konsep yang biasa dipakai, yang biasanya berorientasi pada pemahaman tentang tata bahasa dan penguasaan keterampilan membaca. Berdasarkan fakta di lapangan, peneliti belum menemu kan adanya modul maupun buku teks yang telah mengaplikasikan kompetensi komunikatif. Buku yang ada cendrung berorientasi pada pembelajaran bahasa yang mengadopsi pendekatan struktural dan pendekatan tujuan. Dimana, penekanannya pada unsur tata bahasa dan bagaimana mentranslasi materi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Fakta lainnya yang peneliti temukan adalah ketika peneliti mengajak mahasiswa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan bahasa sederhana, mereka kesulitan dalam merespon pertanyaan. Mereka juga kesulitan dalam menemukan kata-kata yang sesuai bahkan cenderung pengucapan (pronunciation) mereka sering salah dan jauh berbeda dengan standar pronunciation bahasa Inggris yang berlaku. Mereka mengucapkannya sesuai dengan pengucapan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Berdasarkan pandangan-pandangan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sangat penting untuk dikembangkan sebuah bahan ajar bahasa Inggris yang berbasis komunikatif untuk mahasiswa IPS-Ekonomi IAIN Mataram. Bahan ajar ini diselaraskan dengan kebutuhan mahasiswa dan jurusan. Bahan ajar yang akan dikembangkan diharapkan mampu memberikan manfaat dan dapat dijadikan sebagai acuan pembelajaran bagi mahasiswa dan dosen bahasa Inggris kedepannya. Maka fokus studi ini adalah bagaimanakah pengembangan bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif untuk mahasiswa IPS-Ekonomi IAIN Mataram? Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, simpulan penelitian pengembangan bahan ajar bahasa Inggris berbasis komunikatif untuk mahasiswa IPS-Ekonomi, sebagai berikut: 1. Kebutuhan bahan ajar menurut dosen dan mahasiswa, yang meliputi: 1) tanggapan informan dosen dan mahasiswa terhadap bahan ajar yang digunakan, yakni: (a) tema yang digunakan belum sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, kampus (jurusan), dan daerah, (b) secara keseluruhan komponen (kelayakan isi/materi, kebahasaan, penyajian materi, dan grafika) pada buku dosen sudah baik, sedangkan pada buku mahasiswa komponen grafika kurang menarik; dan 2) kebutuhan bahan ajar menurut dosen dan mahasiswa; (a) sesuai dengan kurikulum. (b) relevan buku dosen dan buku mahsiswa, (c) isi pembelajaran sesuai tujuan berbahasa Inggris, (d) menggunakan tema yang menarik di sekitar mahasiswa, (e) mengaktifkan siswa, (f) materi jelas, menarik, dan mudah dipahami minat mahasiswa, (g) siap pakai pada kondisi minimal. 2. Mengembangkan prototype menjadi bahan ajar komunikatif, dapat berupa: (a) buku dosen dan buku mahasiswa relevan; (b) struktur pelajaran mencakup judul pembelajaran, tema, aspek keterampilan, indikator, tujuan pembelajaran, dan alokasi waktu, pengantar, (uraian materi, rangkuman, tugas/latihan, dan skor penilaian; (c) tugas bahan ajar bersifat otentik, dilaksanakan secara mandiri dan kelompok; (d) kegiatan dan tugas/latihan dalam bahan ajar dikembangkan secara k o m u n i k a t i f ; (e) pemilihan teks dan tugas/ latihan dengan komunikatif dan kontekstual; (f) dapat dipakai pada kondisi fasilitas di kampus yang minimal; dan (g) isi materi dan tugas/latihan bahan ajar dapat mengembangkan keterampilan berbahasa, wawasan intelektual, dan apektif. 3. Hasil uji keefektifan produk bahan ajar dengan instrumen dan tes (uji-t) menunjukkan bahwa bahan ajar mata kuliah bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif efektif. 4. Hasil uji kelayakan pengembangan bahan ajar bahasa Inggris dengan pendekatan komunikatif berdasarkan tanggapan responden dinyatakan baik dan layak untuk digunakan rata-rata komponen kelayakan isi materi, kebahasan, penyajian materi, dan grafika 74,83%. Terdapat 2 hal yang belum dapat dilakukan secara memadai oleh peneliti tentang saran dosen dan pakar untuk menambah penjelasan kosakata sulit (glosarium) dibagian akhir setiap perkuliahan, dan keinginan mahasiswa untuk menambah ilustrasi, gambar, dan foto.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: komunikatif; bahan ajar bahasa; IPS-Ekonomi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130207 LOTE, ESL and TESOL Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 08 Feb 2022 01:22
Last Modified: 08 Feb 2022 01:22
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/957

Actions (login required)

View Item View Item