Zaki, M. (2015) Implementasi program iman da taqwa (IMTAQ) dalam membentuk sikap toleransi peserta didk pada Institusi Pendidikan Dasar di Kota Mataram. Doctoral thesis, Universitas Negeri Jakarta.

[img] Text (Sinopsis Disertasi)
3-RINGKASAN DISERTASI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (405kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam dan mendeskripsikan sistem perencanaan, implementasi dan dampak program imtaq dalam membentuk sikap toleransi peserta didik di SMPN 2 Kota Mataram. Metode yang digunakan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Prosedur analisis data menggunakan model interaktif dengan alur: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian: (1) Perencanaan program imtaq menggunakan pendekatan sistem dengan mekanisme partisipatori; (2) Program imtaq diimplementasikan melalui pembentukan budaya religius, ekstrakurikuler keagamaan dan pengembangan partisipasi masyarakat; (3) Program imtaq berdampak positif terhadap pembentukan sikap toleransi peserta didik indikasinya: saling mengenal dan menghormati, menghargai dan tidak memaksakan keyakinan terhadap pemeluk agama yang lain, peduli dan mau saling tolong menolong, dan bersedia untuk bekerja sama.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: imtaq program, students’ tolerant attitude; program imtaq, sikap toleransi peserta didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040303 Aqidah, Islamic Theology, Ilmu Kalam, and related science
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Pemikiran Politik Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 25 Jan 2021 02:53
Last Modified: 12 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item