Nurhilaliati, Nurhilaliati and Nor, Muhammad (2011) Relasi laki-perempuan dalam rumah tangga: analisis naskah khutbah nikah penghulu di Kota Mataram. Project Report. Lemlit UIN Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
Relasilaki-perempuan.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (671kB)

Abstract

INDONESIA Rumah tangga (keluarga) adalah poros perubahan dalam masyarakat. Para ahli pendidikan juga mengklaim bahwa keluarga adalah sebagai lembaga pendidikan pertama dan utama bagi anak-anak.. Untuk itu hubungan (relasi) anggota keluarga harus dibangun dalam kerangka memberdayakan potensi sumber daya manusia dalam keluarga tanpa membedakan kecil-besar, laki-perempuan, suami-istri dan seterusnya. Dengan demikian setiap anggota keluarga diharapkan dapat berperan dan memberikan sumbangan yang bermakna bagi kesejahteraan keluarga. Inilah kondisi ideal lembaga keluarga yang diharapkan. Pada tataran realitas, banyak anggota keluarga yang kecewa karena apa yang diharapkan dari keluarga malah sebaliknya. Ada ketidakadilan dan ketertindasan yang dirasakan oleh masing-masing anggota keluarga sehingga tidak mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya secara maksimal. Ketidakadilan itu tidak hanya dirasakan oleh pihak perempuan, sebagaimana yang didengungkan oleh kelompok feminis selama ini, namun juga dirasakan oleh laki-laki (suami) dan anak (laki-perempuan).

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: relasi gender; potensi dan kekuatan perempuan; superioritas laki-laki; sakinah; mawaddah rahmah
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200205 Culture, Gender, Sexuality
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Nurhilaliati Hilal
Date Deposited: 26 Jan 2021 00:18
Last Modified: 26 Jan 2021 00:18
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/106

Actions (login required)

View Item View Item