Sanusi, Sanusi (2020) Metode pendidikan ahlak anak usia dini dan relevansinya terhadap pendidikian nasional: telaah pemikiran Al Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Penelitian Keislaman, 16 (2). pp. 87-102. ISSN P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikel Jurnal)
Metode Pendidikan Ahlak Anak Usia Dini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (369kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/art...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis pada kajian pustaka (Library Research). Secara garis besar penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas yang terjadi pada anak-anak saat ini. Kemajuan dan kecanggihan zaman serta teknologi mengakibatkan tidak sedikit anak-anak terjerumus ke jurang kesesatan sehingga terjadinya dekandensi moral seperti tawuran antar pelajar, pergaulan bebas, mengkonsumsi narkoba, free sex dan lain sebagainya. Berdasarkan problema tersebut tentu menjadi sebuah tanggung jawab bagi seluruh elemen terutama orang tua maupun pendidik untuk memberikan solusi yang tepat bagi generasi penerus bangsa ini. Atas dasar itu maka fokus dan tujuan penelitian ini ialah menjelaskan metode pendidikan ahlak menurut Imam Al-Ghazali dan Abdullah Nashih Ulwan. Adapun metode pendidikan ahlak anak usia dini yang tepat menurut Imam Al-Ghazali adalah metode keteladanan, kebiasaan, cerita, pengawasan dan hukuman serta ganjaran. Sedangkan menurut Abdullah Nashih Ulwan ialah keteladanan, nasehat, pembiasaan, pengawasan dan hukuman dan penghargaan. Adapun relevansi pendidikan ahlak antara pemikiran kedua tokoh tersebut dengan sistem pendidikan nasional terlihat jelas pada pengertian pendidikan itu sendiri, tujuan pendidikan dan metode pendidikan yang digunakan. ENGLISH This research is a research-based on library research (Library Research). The progress and sophistication of the times and technology have resulted in many children falling into the abyss of error resulting in moral decadence such as brawls between students, promiscuity, consuming drugs, free sex, and so on. Based on this problem, it is certainly a responsibility for all elements, especially parents and educators to provide the right solution for the next generation of this nation. On that basis, the focus and purpose of this study are to explain the method of moral education according to Imam Al-Ghazali and Abdullah Nashih Ulwan. The relevance of moral education between the two figures' thoughts and the national education system is clearly seen in the definition of education itself, the aims of education, and the educational methods used.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: metode pendidikan ahlak; anak usia dini; imam al ghazali; abdullah nashih ulwan; sistem pendidikan nasional
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:18
Last Modified: 21 Mar 2022 08:18
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1105

Actions (login required)

View Item View Item