Wiliandari, Yuli (2015) Kepuasan kerja karyawan. Society, 6 (2). pp. 81-95. ISSN 2087-0493
Text (Artikel Jurnal)
KEPUASAN KERJA KARYAWAN.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (287kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Kepuasan kerja karyawan adalah keadaan emosional karyawan yang menyenangkan atau tidak menyenangkan terhadap pekerjaannya. Karyawan dengan tingkat kepuasan kerja tinggi menunjukkan sikap yang positif terhadap pekerjaannya. Sebaliknya, karyawan yang tak puas dengan pekerjaannya menunjukkan sikap yang negatif terhadap pekerjaannya itu. Teori tentang kepuasan kerja terdiri dari teori ketidaksesuaian, teori keadilan, dan teori dua faktor Herzberg. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan diklasifikasikan menjadi 3 variabel yaitu karakteristik individu, variabel situasional, dan karakteristik pekerjaan. Terdapat beberapa cara pengukuran kepuasan kerja baik dari segi analisa statistik maupun dari segi pengumpulan datanya. Informasi yang didapat dari kepuasan kerja ini biasanya melalui tanya jawab secara perorangan, dengan angket maupun dengan pertemuan kelompok kerja. Dalam semua kasus, kepuasan kerja diukur dengan kuesioner laporan diri yang diisi oleh karyawan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kepuasan kerja; karyawan |
Subjects: | 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1117 Public Health and Health Services > 111705 Environmental and Occupational Health and Safety 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial |
Depositing User: | Syahrul Gunawan Adita, S.E |
Date Deposited: | 19 Jul 2022 23:59 |
Last Modified: | 19 Jul 2022 23:59 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1230 |
Actions (login required)
View Item |