Mustafa, Pinton Setya (2020) Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3 (2). pp. 422-438. ISSN 2622-2159

[img] Text (Artikel Jurnal)
Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan - Pinton 268-Article Text-953-1-10-20200711.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (623kB)
Official URL: https://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/ar...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan dari artikel ini membahas tentang kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) di Indonesia abad 21. Kurikulum merupakan rancangan berupa isi untuk mewujudkan tujuan pendidikan. PJOK bagian dari integral pendidikan secara keseluruhan yang menjadi peran dalam mencetak sumber daya manusia yang unggul. Kurikulum di Indonesia selalu mengalami perubahan karena menyesuaikan perkembangan zaman yang terus dinamis. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa dalam PJOK isi kurikulum tidak hanya tentang keterampilan gerak dan kesehatan jasmani saja, namun peserta didik dituntut untuk mampu berpikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi, Perubahan yang paling menonjol dalam kurikulum pendidikan jasmani abad 21 itu yaitu dalam pembelajaran jasmani tidak hanya melibatkan perlengkapan olahraga saja, namun sumber belajar yang berasal dari kemasan teknologi modern perlu diberikan. Jadi kurikulum pendidikan jasmani disusun agar menghasilkan manusia yang memiliki kesehatan dan keterampilan yang baik dalam tantangan global di abad 21. Selain itu juga diperlukan guru PJOK yang profesional untuk memahami dan mengimplementasikan kurikulum PJOK. ENGLISH The purpose of this article discusses the curriculum of physical education, sports, and health (PESH) in 21st century Indonesia. The curriculum is a design in the form of content to realize educational goals. PESH is an integral part of overall education which plays a role in producing superior human resources. The curriculum in Indonesia is always changing because it adapts to the development of a dynamic era. The results of this study indicate that in PESH the curriculum content is not only about physical skills and physical health, but students are required to be able to think critically, creatively, and be able to collaborate, the most prominent changes in the 21st century physical education curriculum that is not in physical learning only involves sports equipment, but learning resources derived from the packaging of modern technology need to be provided. So the physical education curriculum is structured to produce people who have good health and skills in the global challenges of the 21st century. In addition, professional PESH teachers are needed to understand and implement the PESH curriculum

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kurikulum; pembelajaran; pendidikan jasmani; olahraga
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pinton Setya Mustafa M.Pd
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:52
Last Modified: 28 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item