Fattah, Abdul (2022) Perkawinan epistemologis izdiwajul ma’arif: antara teknologi pendidikan dan filsafat pendidikan islam dalam pengembangan epistemologi pendidikan islam berparadigma filosofis, holistik, dan integratif pada PTKIN di Indonesia. In: Pidato Pengukuhan Guru Besar Ilmu Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Mataram, Desember 2022, Mataram. (Unpublished)

[img] Text (Pidato Pengukuhan)
PROF ABDUL FATAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Dalam mimbar akademik yang tertinggi ini, mimbar senat terbuka UIN Mataram dalam agenda sidang pengukuhan guru besar UIN Mataram, izinkan saya untuk menyampaikan pokokpokok pikiran saya terkait tentang “Perkawinan Epistemologis (Izdiwajul Ma’arif) antara Teknologi Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam dalam Pengembangan Epistemologi Pendidikan Islam Berparadigma Filosofis, Holistik, dan Integratif pada PTKIN di Indonesia”. Saya memandang bahwa tema ini menjadi sangat penting, tidak saja dalam sudut pandang ilmu pengetahuan yang saya geluti, namun berkaca pada realitas empiris dinamika Pendidikan Islam di Dunia Islam secara umum, terlebih dalam konteks locus dan tempus pada PTKIN di Indonesia (mungkin pada PTKIS tidak jauh berbeda). Secara umum kondisinya masih jauh dari kondisi idealnya. Fasilitas masih kurang, terutama perpustakaan dengan buku/refrensi yang memadai, laboratorium, media pembelajaran,sarana pembelajaran, kualitas SDM dosen (professional dengan berpikir visioner-inklusif), pendanaan, kultur akademik, serta deretan problematika lainnya yang menempatkan realitas Pendidikan Islam tersebut berada pada posisi buritan (periferal), dan bukan pada posisi strategis dalam percaturan dinamika pendidikan global. Hal yang terbaca secara kasat mata, hampir-hampir tidak pernah kita simak dalam 100 tahun terakhir ini ada nama lembaga Pendidikan Islam (termasuk yang berasal dari Indonesia) yang menempatkannya dalam 100 besar urutan Perguruan Tinggi terbaik dunia yang selama ini dijuarai oleh Harvard University Amerika Serikat atau University of Oxford-Inggris. Atas dasar itu, pidato pengukuhan Guru Besar ini lebih merupakan sebentuk kecil ijtihad intelektual yang mengajak kita melakukan refleksi ontologis, epistemologis, dan aksiologis dalam rangka --meminjam terminology dalam ilmu Teknologi Pendidikan-- memecahkan persoalan pendidikan/pembelajaran, khususnya dalam konteks nyata PTKIN di Indonesia. Pendekatan yang digunakan dalam tulisan ini adalah “pendekatan transformative (transformative approach)” dalam Teori James A. Banks. Pendekatan ini meniscayakan terjadinya perbandingan (muqaran), konsep, situasi, dan masalah ditangani untuk memperbarui pemahaman serta menggabungkan berbagai perspektif dan sudut pandang dalam kerangka menghasilkan paradigma baru kurikulum yang lebih liberatif, progresif, inklusif serta beraras/ber-grade “rahmatan lil alamin”.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Uncontrolled Keywords: perkawinan; pendidikan; islam
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012801 Pernikahan (Secara Umum)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 20 Mar 2023 07:55
Last Modified: 20 Mar 2023 07:55
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2480

Actions (login required)

View Item View Item