Thohri, Muhammad Pengembangan Bahan Aajar bahasa arab matrikulasi untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa IAIN Mataram. Project Report. IAIN MAtaram, Mataram.
Text (Laporan Penelitian)
2_Laporan Penelitian_Bahasa Arab Matrikulasi_Keterampilan Menulis.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Mengajar bahasa Arab untuk siswa Indonesia tidaklah sesederhana mengajar bahasa asing lain. Hal ini karena bahasa Arab memiliki aksara yang berbeda dengan bahasa Indonesia yang menggunakan aksara latin. Demikian pula dari struktur bahasanya yang sangat berbeda. Penelusuran tentang keterampilan awal yang dimiliki oleh mahasiswa di Perguruan Tinggi Agama Islam penting dilakukan agar benar-benar memusikan mahasiswa dalam posisinya yang tepat sesuai kemampuan awalnya. Dari studi pengembangan yang dilakukan ditemukan bahwa problem kemampuan bahasa tulis bahasa Arab mahasiswa PGMI berada pada problem menulis dasar menulis lanjut dan menulis mahir. Dari studi ini dikembangkan keterampilan dasar menulis (asasiyah) yakni (1) menulis alfabet Arab; (2) menulis kata (kalimah); (3) menulis kalimat lengkap (jumlah mufidah); dan (4) menulis dikte (imla’).
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | matrikulasi. bahasa arab. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Raden . Jie |
Date Deposited: | 15 Apr 2023 09:29 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 09:29 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2851 |
Actions (login required)
View Item |