Putrawangsa, Susilahudin and Hasanah, Uswatun (2022) Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 1-12. ISSN 2829-4319

[img] Text (Article)
III.A.4 Jurnal Nasional - Article.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (458kB)
[img] Text (Plagiarism Check)
III.A.4 Jurnal Nasional - Plagiarism Check.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
[img] Text (Correspondence)
III.A.3 Jurnal Nasional Terakreditasi - Correspondence.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (105kB)
Official URL: https://journal.pelitanusa.or.id/index.php/edupedi...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Salah satu program yang diikuti oleh pemerintah Indonesia untuk mengukur daya saing siswa Indonesia adalah melalui Programme for International Student Assessment (PISA). Bagaimana trend capaian siswa Indonesia pada PISA? Sejauh mana perubahan kurikulum berdampak pada hasil PISA siswa Indonesia? Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan diulas dalam kajian ini. Pembahasan pada kajian ini difokuskan pada dua aspek pengukuran PISA, yaitu literasi baca (reading) dan literasi matematika (mathematics). Temuan dari penelitian ini menegaskan bahwa secara umum hasil PISA siswa Indonesia sejak PISA 2000 hingga PISA 2018 pada aspek membaca dan matematika menunjukkan trend yang menurun dan masih jauh dari standar minimum untuk dapat menjadi warga negara yang mempu berpartisipasi secara aktif dan konstruktif dalam pembangunan peradaban. Perubahan kurikulum selama ini tidak mampu berbuat banyak untuk mendongkrak kemampuan literasi baca dan metematika siswa Indonesia. Bahkan perubahan kurikulum tersebut berdampak negatif terhadap hasil PISA, dimana trend hasil PISA siswa Indoensia pada aspek baca dan matematika sejak tahun 2000 hingga 2018 menunjukkan trend yang menurun meskipun telah tiga kali perubahan kurikulum selama periode tersebut. Oleh karena itu, pemerintah perlu mengkaji dan melakukan perubahan kurikulum secara radikal yang menitikberatkan pada penguatan aspek Literasi baca dan literasi matematika (numerasi) siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi Baca, Literasi Matematika, PISA 2018
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Susilahudin Putrawangsa
Date Deposited: 02 May 2023 13:23
Last Modified: 02 May 2023 13:23
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2982

Actions (login required)

View Item View Item