Nurhilaliati, Nurhilaliati (2017) Identifikasi miskonsepsi siswa pada pengajaran Matematika di SMKN 2 Praya Tengah. Jurnal Paedagoria, Vol. 8 (2). pp. 24-31. ISSN e-ISSN 2614-3674

[img] Text (Artikel Jurnal)
Artikel PAEDOGORIA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (757kB)
[img] Text (Peer Review)
Identifikasi Miskonsepsi siswa.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria/ar...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi, serta solusi dari miskonsepsi siswa kelas X Akuntansi 1 SMKN 1 Praya Tengah pada pembelajaran matematika materi pokok perbandingan trigonometri. Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Metode tes, 2) metode wawancara. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan data hasil tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjuk kanbahwa 1) terdapat tigajenis miskonsepsi yang dialami oleh siswa kelas X Akuntansi 1 SMKN 1 Praya Tengah, yaitu miskonsepsi klasifikasional, miskonsepsi korelasional, dan miskonsepsi teoritikal. 2) Penyebab siswa mengalami miskonsepsi adalah berasal dari siswa, yaitu kesalahan intrepretasi gambar, belum memahami konsep, rendahnya prakonsep yang dimiliki siswa, ketidakmampuan dalam mengkaitkan konsep, dan aspekpraktis. 3) Solusi miskonsepsi siswa yaitu konsep lebih ditekankan lagi, prakonsep yang dimiliki siswa lebih ditingkatkan lagi, dan hubungan antar konsep lebih ditekankan lagi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: miskonsepsi; matematika; trigonometri; interpretasi gambar; prakonsepsi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Nurhilaliati Hilal
Date Deposited: 25 Jan 2021 12:40
Last Modified: 27 Jan 2021 12:40
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item