Muammar, Muammar (2021) Terampil berbicara dan berbicara santun di Sekolah Dasar. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-225-7

[img] Text (Buku)
Buku Terampil Berbicara dan Berbicara Santun di Sekolah Dasar _Finish - Muammar 2021 UIN Mataram.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (9MB)
[img] Text (HKI)
Sertifikat_HKI Muammar 2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Buku ini dimaksudkan untuk bisa menjadi referensi bagi dosen dan mahasiswa (calon guru) di Program Studi PGSD/PGMI dalam mengkaji secara teori dan praktik pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar (SD/MI). Buku ini juga dapat digunakan untuk memfasilitasi guru-guru SD/MI, orang tua, dan masyarakat untuk memahami konsep dan praktik keterampilan berbicara dan berbicara santun. Keterampilan berbicara dan berbicara santun sangat penting dikuasai oleh siswa sejak dini sehingga diharapkan sedini mungkin siswa dapat mengungkapkan pikiran, ide, gagasan, dan perasaannya dengan baik dan benar. Baik berarti komunikasinya diterima atau tidak menyinggung lawan bicaranya, sedangkan benar berarti komunikasinya runtut, terstruktur, pilihan katanya tepat, dan mudah dipahami. Oleh karena itu, buku ini disusun dengan sistematika penulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Bab I pendahuluan berisi argumentasi penulis dalam menulis buku ini berdasarkan data-data rill yang bersumber dari data primer maupun sekunder sehingga tampak state of the art-nya. Bab II muatan pelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar berisi penjelasan rinci mulai dari pengertian, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia, tujuan dan ruang lingkup muatan pelajaran bahasa Indonesia. Bab III konsep dasar keterampilan berbicara berisi penjelasan tentang pengertian, tujuan, hubungan berbicara dengan keempat keterampilan berbahasa, yaitu: menyimak, membaca, dan menulis; jenis-jenis berbicara, dan faktor-faktor kebahasaan dan nonkebahasaan sebagai indikator keefektifan berbicara. Bab IV pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar berisi uraian lengkap terkait bahasa sebagai alat komunikasi; tujuan, teknik-teknik pembelajarn keterampilan berbicara di sekolah dasar; serta kompetensi inti dan kompetensi dasar pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar dalam kurikulum 2013. Bab V pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar berisi gambaran tentang pembelajaran bahasa komunikatif yang dimualai dari hakikat pendekatan komunikatif hingga kerangka kerja pembelajaran keterampilan berbicara berbasis pendekatan komunikatif. Bab VI implementasi pendekatan komunikatif dalam pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar berisi penerapan keterampilan berbicara yang meliputi: pelajaran 1 berpidato, pelajaran 2 berdiskusi, pelajaran 3 berwawancara, dan pelajaran 4 bercerita. Bab VII evaluasi keterampilan berbicara berisi hakikat evaluasi, evaluasi pembelajaran keterampilan berbicara, dan berbagai bentuk evaluasi dalam keterampilan berbicara. Bab VIII berbicara santun berisi pengertian, etika, sikap dalam berbahasa, penggolongan prinsip kesantunan berbahasa, cirri kesantunan berbahasa, dan penyebab ketidaksantunan. Bab IX wujud kesantunan berbahasa anak di sekolah dasar berisi bentuk ttindak tutur, kategorisasi bentuk-bentuk kesantunan berbahasa, serta bentuk kepatuhan dan pelanggaran kesantunan berbahasa anak di sekolah dasar. Bab X peran guru dalam menanamkan santun berbahasa pada siswa di sekolah dasar berisi fakta-fakta kesantuna berbahasa di sekolah dasar, peran guru dalam menanamkan santun berbahasa, dan kesantunan berbahasa dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Bab XI penutup berisi penegasan kembali sepuluh bab di atas atau simpulan dari isi buku secara keseluruhan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: berbicara, berbicara santun, sekolah dasar
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. M.Pd. Muammar Muammar
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:04
Last Modified: 26 Jun 2023 03:48
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3241

Actions (login required)

View Item View Item