Muammar, Muammar (2023) Reinforcement kompetensi guru dalam mengembangkan membaca permulaan siswa melalui pendekatan teaching at the right level di Sekolah Dasar. Participative Journal: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3 (1). pp. 36-51. ISSN 2776-2971(Online) and ISSN 2776-5954 (Print)

[img] Text (Artikel)
73-File Utama Naskah-254-1-10-20230521.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (898kB)
Official URL: https://jurnal.jurmat.com/index.php/pj/index

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh kompetensi guru di sekolah dasar yang perlu dikuatkan dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui Pendekatan Teaching at The Right Level(TaRL). Tujuannya adalah untuk memberikan penguatan kompetensi kepada guru di kelas I, II, dan IIIdalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui Pendekatan TaRL. Metodeyang digunakan adalah Participatory Action Research(PAR). PAR ini sifatnya kolaboratif dan partisipatif yang tujuannya mengusulkan solusi untuk mengatasi permasalahan nyata sehingga diperoleh hasil perubahan yang diinginkan pada kelompok tertentu. Untuk itu,dalam pengabdian ini digunakan pelatihan atau workshop dan peer teaching. Workshopdigunakan untuk memperkuat kompetensi guru dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui Pendektan TaRL atau memperdalam kembali hal-hal teknis yang telah dilakukan dalam rutinitas. Peerteachingdilakukan untuk melihat dan mengevaluasi hasil dari pelatihan menggunakan Pendekatan TaRL. Para guru yang terlibat dalam pengabdian ini adalah guru-guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kota Mataram yang berjumlah 12 orang. Para guru yang terlibat mempraktikkan pembelajaran membaca permulaan melaui Pendekatan TaRL. Pengabdi memandu dan menilai keterlaksanaan Pendekatan TaRL yang dipraktikkan oleh para guru dan memberikan umpan baliknya. Saran dan masukan yang konstruktif diberikan kepada para guru. Hasilnya menunjukkan bahwa (1) para gurumengurai pengalaman dan pengetahuantentang membacapermulaan siswa; (2) para guru mempraktikkan Pendekatan TaRL dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa; dan (3) para guru merespon kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dengan sebagian besar menyatakan sangat setuju dengan Pendekatan TaRLdalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Membaca Permulaan, Pendekatan TaRL, Reinforcement
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dr. M.Pd. Muammar Muammar
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:15
Last Modified: 26 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3245

Actions (login required)

View Item View Item