Saleh, Mawardi and UNSPECIFIED (2023) Kontribusi pengembangan ekonomi terhadap mutu proses pendidikan Pondok Pesantren Nurul nHaramain Nahdlatul Wathan Narmada. Project Report. Universitas Islam Negeri Mataram, Mataram.

[img] Text
Laporan Penelitian.pdf

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan dua pendekatan yaitu studi kasus dan deskriptif analisis. Penelitian berupaya mengungkap fakta-fakta yang ada di lokasi penelitian tentang tiga hal yaitu pengembangan ekonomi pesantren, pembiayaan pendidikan pesantren dan impilkasinya terhadap mutu pendidikan. Selanjutnya fakta dan data tersebut dianalisis secara kritis dan mendalam untuk menemukan hasil penelitian yang benar. Dalam penelitian juga melibatkan pihak-pihak yang terkait dalam pengembangan ekonomi, pembiayaan pendidikan dan mutu pendidikan yaitu unsur pimpinan pondok, kepala madrasah, dewan guru, penangungjawab ekonomi, kordinator usaha dan karyawan. Pondok pesantren saat ini merupakan lembaga pendidikan Islam yang sudah berevolusi sangat jauh sehingga menyentuh hampir semua dimensi kehidupan manusia. Tidak hanya aspek pendidikan dan pendidikan agama saja, akan tetapi pondok pesantren sudah menjadi lokomotif bagi para santri dan masyarakat lingkar pondok pada bidang ekonomi, lingkungan, sosial, pengelolaan keuangan dan kemandirian pesantren. Pada penelitian ini telah ditemukan bahwa di pondok pesantren Nurul Haramain NW Narmada, untuk menunjang kegiatan dan mutu pendidikannya, lembaga ini telah menggerakkan seluruh potensi yang dimilikinya untuk menghasilkan sumber-sumber ekonomi yang banyak dengan mengelola berbagai unit usaha jasa dan perdagagan baik yang ada dalam komplek pondok maupun di luar pondok. Bahkan dalam data laporan keuangan pondok pesantren, hasil-hasil usaha yang diperolehnya jauh melebihi dari nilai dana BOS yang diterimanya. Kesimpulan akhit yang didapatkan pada penelitian ini bahwa pondok pesantren tidak boleh lagi dikelola secara tradisional, hanya mengkaji kitab klasik saja, hanya menyelenggarakan kegiatan pendidikan saja. Tetapi pondok pesantren harus ada nilai plus, maka harus dikelola secara modern, sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan kehidupan masyarakat dengan tanpa meninggalkan karakteristik pesantren yang sesungguhnya. Pimpinan harus menjadi lokomotif, dewan asatidz dan santri harus berperan aktif dalam pengelolaannya. Dengan demikian akan terbangun rasa memiliki serta tanggungjawab yang sama untuk mengembangkan pondok pesantren menjadi lebih maju.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: kontribusi, pengembangan, ekonomi, dan mutu proses pendidikan
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1201 Architecture > 120110 Architecture of Building for Educational and Research Purposes > 12011007 Pesantren (Islamic Boarding School)
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 28 Dec 2023 02:13
Last Modified: 28 Dec 2023 02:13
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item