Nurdiana, Nurdiana (2016) Ilmu alamiah dasar (edisi revisi). Pustaka Lombok, Mataram. ISBN 978-602-70165-5-2
![]() |
Text (Book)
IAD 2016.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
![]() |
Text (Peer Review)
Peer Review IAD 2016.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (466kB) |
![]() |
Text (Surat Hak Cipta)
DOC-20230203-WA0219..pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (768kB) |
Abstract
Buku ini berisi materi kuliah “Ilmu Alamiah Dasar” yang berlandaskan pada paradigma keilmuan baru integratif dan interkonektif. Artinya pengkajian masing-masing materi tidak secara sains murni, tetapi juga diintegrasikan dengan disiplin ilmu keilmuan lainnya. Dalam konteks ini adalah ilmu keislaman sebagai ciri dan karakter yang melekat pada perguruan tinggi yang bernuansa islam (Islamic Studies) seperti IAIN Mataram. Pendekatan integrasi di perguruan tinggi sekarang perlu diadakan. Hal ini tidak lain juga berangkat dari respon masyarakat dan kritik mereka bahwa ada ketimpangan yang terjadi ketika sains dan agama tidak bersimbiosis. Dalam bahasa yang lebih praktis antara ilmu, iman, dan amal harus dipadukan. Karena ketiganya menjadi satu rangkaian sistemik dan struktur kehidupan manusia sehingga manusia menjadi makhluk yang bermanfaat. Lebih mementingkan satu dari yang lain, melahirkan kehidupan yang timpang. Karena itu, dalam konteks pengembangan pendidikan Islam, iman, ilmu, dan amal harus dijadikan domain kognitif, efektif, normatif dan psikomotorik dari taxonomi bloom yang sudah demikian terkenal. Subsatansi pendidikan Islam yang selama ini terseret dalam alam pikiran modern dan sekuler, telah terbelah antara pendidikan keimanan akhlak (etika). Dampaknya terjadi kemunduran umat Islam yang dalam perspektif Al-Qur’an, Allah tidak akan mengangkat derajat mereka.
Actions (login required)
![]() |
View Item |