Rosidi, Ayip (2015) Revolusi pembelajaran bahasa arab pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). In: Antologi hasil penelitian manajemen kelembagaan dan pembelajaran dalam praktis pendidikan Islam. Pusat Peneltian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 163-180. ISBN 978-602-72451-7-4

[img] Text (Book Section)
4Ayib Rosidi 163-180.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (592kB)

Abstract

INDONESIA Sejauh ini telah banyak cara dilakukan, upaya ditempuh, kurikulum dibuat dan metode pembelajaran dirumuskan, namun hasilnya masih belum memuaskan. Untuk mengambil dua model di Indonesia, pembelajaran Bahasa Arab dengan cara tradisional di pondok-pondok pesantren salaf, membuat para santri pada ujungnya mahir membaca dan memahami tetapi lemah dalam berbicara dan menulis. Sebaliknya, cara aktif yang dilakukan di pondok-pondok pesantren modern menjadikan para santri lancar berkomunikasi namun lemah nahwu-sharaf-nya. Ada banyak kendala yang memperlambat penguasaan kemahiran berbahasa Arab ini antara lain: a. Kenyataan bahwa bahwa Bahasa Arab tidak tunggal, tapi dual: pertama, Bahasa Arab Fushha, dan kedua, Bahasa Arab ‘Amiyah. Ini mempersulit pelajar Bahasa Arab, karena tidak seperti Bahasa Inggris misalnya yang tidak jauh beda antara apa yang dipelajari di kelas dengan lagu yang didengar, film yang ditonton dan obrolan yang diperhatikan dalam Bahasa Inggris. Seperti tergambar di atas, Bahasa Arab ‘Amiyah jauh lebih menguasai bahasa tutur orang-orang Arab sendiri daripada Bahasa Arab Fushha. b. Kenyataan bahwa Bahasa Arab itu rumit dan kompleks dengan nahwu-sharafnya, dhamir-dhamir (kata ganti) yang harus muthabaqah (bersesuaian), perubahan bentuk kata benda dan kata kerja yang banyak dan bervariasi sesuai wazan (timbangan) dan bina’ (bentuk dan unsur huruf-huruf penyusunnya) dan seterusnya. Akibatnya, perlu waktu bertahun-tahun bagi pelajar, mahasiswa atau santri hanya untuk menguasai nahwu-sharaf, apalagi sekaligus dengan aplikasinya dalam teks-teks dan ujaran lisan berbahasa Arab. Oleh karena itu, diperlukan semacam revolusi pembalajaran Bahasa Arab agar sejak diri Bahasa Arab dapat dikuasai dengan cara yang mudah, murah dan menyenangkan. Tetapi bagaimana ini bisa? Penelitian ini dibuat untuk berusaha membuka jalan lempang ke arah itu. Titik berangkatnya dimulai dari penelitian yang sudah dibuktikan keberhasilannya oleh pencetus metode belajar Bahasa Arab yang disebut: “thaqirat al-fithrah wa al-mumarasah”, Dr. Abdullah ad-Dannan, seorang pakar dan praktisi pendidikan yang berdomisili di Suriah. Dalam eksperimentasi Dr. Dannan, ditemukan bahwa dengan membiasakan anak usia 0-3 tahun berinteraksi dengan Bahasa Arab Fushha, anak tersebut dapat dengan mudah menguasainya dan selanjutnya dengan mudah pula meraih prestasi ketika masuk sekolah yang bahasa pengantar tulis dan lisannya menggunakan Bahasa Arab Fushha. Pertanyannya: dapatkan metode ini diterapkan dan dikembangkan di Indonesia yang Bahasa Arab adalah bahasa kedua atau ketiga bahkan keempat setelah Bahasa Daerah, Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing seperti Bahasa Inggris? Dari paparan penelitian di atas dan untuk menjawab fokus masalah, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: 1. Revolusi pembelajaran Bahasa Arab pada anak usia dini dilakukan dengan metode al-fithrah wa al-mumarasah dengan mendayagunakan kemampuan alami pada seorang anak untuk memperoleh bahasa secara fitrialami, mudah dan menyenangkan; dan membiasakannya untuk menggunakan bahasa yang ingin diperoleh, dalam hal ini Bahasa Arab. 2. Secara teori, pembelajaran sebagaimana disimpulan 1 sangat mungkin dilakukan di Indonesia, karena kemampuan alami anak tidak berbeda dari satu negara ke negara yang lain dan dari satu bahasa ke bahasa yang lain. Oleh karena itu, metode al-fitrah wa al-mumarasah relevan untuk diterapkan di Indonesia.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab; metode al-fithrah wa al-mumarasah; membaca al-qur’an
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Ilmu Falaq
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 08 Feb 2022 06:34
Last Modified: 08 Feb 2022 06:34
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/958

Actions (login required)

View Item View Item