Nurhilaliati, Nurhilaliati and Nurrahmah, Nurrahmah (2010) Implementasi konsep madrasah unggulan pada MAN 2 MATARAM. Project Report. Lemlit UIN Mataram, Mataram. (Unpublished)
Text (Laporan Penelitian)
Implementasi Konsep Madrasah.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Konsep madrasah unggulan merupakan konsep yang dikembangkan pertama kali oleh BPPT yang kemudian diwariskan ke Departemen Agama. Konsep ini unik, karena memadukan sistem sekolah umum dengan keunggulan iptek dengan konsep pendidikan pesantren dengan keunggulan Imtaq. Keunggulan madrasah bisa dilihat dalam beberapa ciri : (1) Kepemimpinan dan manajement yang kuat (2) kualitas sumberdaya yang terus ditingkatkan (3) Input siswa berkualitas (4) keberadaan sarana dan prasarana yang mendukung, termasuk sistem asrama jika dimungkinkan (5) kurikulum yang berkembang, termasuk extra-kurikuler (6) kerjasama kelembagaan dan dukungan masyarakat. Penelitian yang dilaksanakan di MAN 2 Mataram ini difokuskan pada dua permasalahan,: (1) bagaimana implementasi konsep madrasah unggulan pada MAN 2 Mataram; (2) bagaimana peluang dan tantangan MAN 2 mataram dalam implementasi konsep madrasah unggulan. Kedua permasalahan ini dicari jawabannya melalui pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi. Data-data yang dibutuhkan adalah karakteristik sumber daya manusia yang dimiliki, kurikulum yang dikembangkan, proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh siswa dan guru, dukungan orang tua siswa, sarana prasarana yang tersedia, hasil pembelajaran siswa-siswi, Manajemen yang diterapkan dalam mengelola madrasah, peluang dan tantangan yang dimiliki dalam melaksanakan konsep madrasah unggulan. Data hasil belajar dianalisis secara kuantitatif deskriptif, dan data lainnya dianalisis secara kualitatif deskriptif dengan menggunakan logika induktif. Hasil yang diperoleh adalah pelaksanaan MAN 2 Mataram pada awalnya didasarkan pada criteria yang dikembangkan oleh Tim pengkaji Kelayakan, yaitu keunggulan mutu (input, proses, output), pembelajaran sains, kegiatan ekstrakurikuler, dan kebersihan lingkungan fisik madrasah. Criteria ini kemudian semakin berkembang seperti pada Sekolah Standar Nasional, yaitu kualifikasi SDM, Sarana pendidikan, kurikulum yang dikembangkan, Sistem pembelajaran dan evaluasi, program fullday school dan monev. Walau criteria ini telah nampak tetapi belum terlalu maksimal. Peluang yang dimiliki oleh MAN 2 Mataram cukup bagus pada aspek: politik dan kebijakan pemerintah pada bidang pendidikan; social budaya masyarakat NTB yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan dan mempercayakan pendidikan putra-putrinya di lembaga pendidikan Islam. Tantangan yang dihadapi adalah terkait dengan kondisi ekonomi sebagian besar peserta didik yang rata-rata berada pada level bawah, dimana kondisi ini akan mempengaruhi kemampuan peserta didik terkait fasilitas pendidikannya secara pribadi. Tantangan lain adalah predikat sebagai madrasah unggulan yang harus selalu menunjukkan kinerja lebih dibanding madrasah lain.
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keunggulan; iptek; imtak; kualifikasi SDM; Sarana; kurikulum; fullday; monev; peluang; tantangan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Nurhilaliati Hilal |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 00:52 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 00:52 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/130 |
Actions (login required)
View Item |