Mustafa, Pinton Setya (2023) Perbandingan kurikulum pendidikan jasmani antara Indonesia dengan Finlandia: Kajian review. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 9 (2). pp. 117-128. ISSN p-ISSN 2580-6335, e-ISSN 2461-3961
Text (Artikel Jurnal)
Perbandingan Kurikulum Pendidikan Jasmani - Pinton 117-128+1.3++Artikel+Revisi+copyedit.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (456kB) |
|
Text (SK Akreditasi Jurnal)
SK Sinta 4 Biormatika No 32 Pemberitahuan_Hasil_Akreditasi_Jurnal_Ilmiah_Periode_I_Tahun_2022.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
|
Text (Sertifikat Akreditasi Jurnal)
sertifikat akreditasi biormatika sinta 4.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (218kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Tujuan dari kurikulum pendidikan jasmani supaya mengoptimalkan tumbuh kembang anak dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Tujuan tersebut belum sepenuhnya tercapai sesuai dengan harapan karena masih banyaknya kendala yang dijumpai. Tujuan dari artikel ini mengkaji perbandingan kurikulum pendidikan jasmani di Indonesia dengan Finlandia, sebab Finlandia merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mereview beragam referensi yang relevan dari buku aupun hasil penelitian. Penelitian ini terdiri dari penentuan topik, menyeleksian temuan dan penyajian hasil deskripsi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa kurikulum pendidikan jasmani di Indonesia dan Finlandia dibagun dari pandangan hidup bangsa masing-masing. Pendidikan jasmani di Indonesia mempunyai karakteristik bahwa anak dituntut untuk menguasai keterampilan tertentu sebagai syarat dalam menuntaskan kompetensi. Sedangkan Pendidikanjasmani di Finlandia memberikan kesempatan anak untuk bermain dan bersosialisasi untuk pengoptimalan tumbuh kembang siswa. Kesimpulan yang didapat yaitu Finlandia telah memiliki pola pembelajaran tertentu dalam upaya untuk memberikan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efisien, sehingga diharapkan Indonesia dapat mengadopsi hal-hal yang positif yang dapat diterapkan dengan situasi dan kondisi di Indonesia, sehingga tujuan dari pendidikan jasmani dapat tercapai secara optimal.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum; Pembelajaran; Pendidikan Jasmani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Pinton Setya Mustafa M.Pd |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 06:30 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 06:30 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3371 |
Actions (login required)
View Item |