Kristayulita, Kristayulita (2020) Tahapan penalaran analogi siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect. Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai Islami (SIMaNIs 2019), 3 (1). pp. 437-443. ISSN 978-602-73403-0-5
![]() |
Text (Artikel)
Tahapan Penalaran Analogi dalam Menyelesaikan Masalah Analogi Indirect.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (353kB) |
![]() |
Text (Peer Review)
Tahapan penalaran analogi.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (747kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi tahapan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah analogi indirect. Desain penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mataram di kota Mataram. Instrumen yang digunakan berupa masalah analogi yang terdiri atas masalah sumber tentang persamaan kuadrat dan masalah target tentang persamaan trigonometri. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa melakukan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah analogi yang diberikan. siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect tidak hanya menggunakan tahapan penalaran analogi yang ada. Akan tetapi, siswa melakukan tahapan sebelum melakukan tahapan penalaran analogi berdasarkan Ruppert. Tahapan tersebut disebut dengan tahapan represetation and mathematical modeling, yang dilanjutkan dengan tahapan penalaran analogi yang telah ada. Sehingga tahapan penalaran analogi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah analogi indirect adalah represetation and mathematical modeling, structuring, mapping, applying, dan verifying. Artinya ada tahapan penalaran analogi yang dikembangkan dari Ruppert. Tahapan penalaran analogi dalam menyelesaikan masalah tergantung dari masalah analogi yang diberikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tahapan; penalaran analogi; masalah analogi indirect |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita |
Date Deposited: | 22 Jan 2021 02:36 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 11:22 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/10 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |