Khairi, Ahmad Khalakul (2018) Peningkatan kinerja guru melalui program akreditasi madrasah. Jurnal Penelitian Keislaman, 14 (2). pp. 162-175. ISSN P-ISSN 1829-6491, E-ISSN 2580-9652

[img] Text (Artikell Jurnal)
Peningkatan Kinerja Guru melalui Program Akreditasi Madrasah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (637kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/jpk/art...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini mengkaji tentang “Peningkatan Kinerja Guru Melalui Program Akreditasi Madrasah pada MTs Darul Hikmah Darek Lombok Tengah”. Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan, mulai dari bulan Mei sampai bulan Oktober 2018 dengan bentuk kegiatan melakukan penggalian data melalui observasi, wancara dan dokumentasi untuk menemukan dan mengumpulkan data-data yang riil tentang bagaimana program akreditasi meningkatkan kinerja guru.Isu yang hangat pada tempat penelitian ini adalah bahwa kinerja guru belum maksimal disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, baik faktor internal guru maupun faktor eksternal. Faktor internal meliputi kualifikasi pendidikan dan motivasi intrinsik maipun inovasi guru yang perlu dikembangkan. Sedangkan faktor eksternal meliputi perlunya lembaga memberi perhatian khusus pada para guru dan mengupayakan kerjasama dengan lembaga-lembaga lain yang dapat mendukung terlaksananya program-program pendidikan pada MTs Darul Hikmah secara optimal.Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan dan menganalisis data adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh diklasifikasi dan diverifikasi, sehingga terkumpul data yang diharapkan. Setelah data terkumpul melalui beberapa instrumen, peneliti melakukan triangulasi untuk memastikan bahwa data-data yang diperoleh benar-benar tepat dan absah Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya peningkatkan kinerja para pelaku pendidikan dilakukan melalui kreatifitas dan inovasi para pelaku pendidikan baik kepala sekolah, para guru maupun staf administrasi, disamping itu juga dilakukan melalui program-program madrasah bekerjasama dengan kementerian Agama dan Pemda setempat. Adapun program-program madrasah dalam mengoptimalkan kualitas tentu dengan menyiapkan berbagai sarana dan prasarana lembaga dan scara kontinyu melakukan pembinaan-pembinaan bagi sluruh komponen madrasah yang secara keseluruhan program madrasah mendapat apresiasi yang baik dari pihak yayasan maupun dari kalangan masyarakat dan pemerintah. ENGLISH This research examines the Improvement of Teacher’s Performance through the Islamic school (madrasah) Accreditation Program. This research is a qualitative research by carrying out the collection of the data through observation, interview and documentation to find and collect the real data about how accreditation programs can improve teacher’s performance. The instruments used in collecting and analyzing data were observation, documentation and interviews. The data obtained were classified and verified, so that the expected data were collected. After the data were collected through several instruments, the researcher did triangulation to ensure that the data obtained were truly accurate and valid. The results of this research showed that the efforts of performance improvement of the education perpetrators are carried out through the creativity and innovation of education perpetrators both principal, teachers and administrative staff, besides that it is also carried out through Islamic school (madrasah) programs in collaboration with the Ministry of Religion and the local government. In optimizing the quality, Islamic school (madrasah) prepares various facilities and infrastructures of institution, it continuously carries out the coaching for all components of the Islamic school (madrasah) and overall Islamic school (madrasah) programs receive good appreciation from the foundation, the community and government.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kinerja guru; akreditasi madrasah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:24
Last Modified: 21 Mar 2022 07:24
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item View Item