Hizam, Ibnu (2020) Pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di MI Yusuf Abdussatar Kediri dan MI Attarbiyah Addiniyah Gersik Lombok Barat. Society: Jurnal Jurusan Tadris IPS, 11 (1). pp. 1-11. ISSN 2087-0493

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MI YUSUF ABDUSSATAR KEDIRI DAN MI ATTARBIYAH ADDINIYAH GERSIK LOMBOK BARAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (921kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Orang tua merupakan salah satu unsur penting dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, sekolah harus menjalin kerjasama yang baik dengan orang tua masing-masing siswa sehingga terwujud cita-cita bersama yakni mencetak generasi yang berdaya saing, baik di bidang akademik maupun non akademik. Orang tua juga harus cerdas dan cermat dalam mengamati pertumbuhan dan perkembangan anak agar dapat menentukan sikap pengasuhan yang terbaik buat anaknya.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasi Lambda, Kendall’s Tau_b, Spearman Rho,dan deskriptif meandan standar deviasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti mendapat temuan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dengan angka korelasi Lambda 0.020<0.05, sedangkan dengan hasil belajar tidak signifikan yaitu 0.490>0.05. kemudian untuk motivasi belajar dengan hasil belajar juga signifikan dengan angka korelasi Kendall’s Tau-b0.290>0.05 dan korelasi Spearman Rho0.303>0.05. Sedangkan untuk tipe pola asuh yang paling baik yaitu pola asuh authoritativedengan rata-rata nilai motivasi 3.16 dan nilai hasil belajar 3.64. kemudian pola asuh indulgentdengan nilai rata-rata motivasi 2.95 dan hasil belajar 3.55. selanjutnya authoritarian dengan nilai rata-rata motivasi 2.79 dan hasil belajar 3.50. selanjutnya neglectful dengan nilai rata-rata motivasi 2.00 dan hasil belajar 3.20.Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar dan tidak signifikan pada hasil belajar. Hasil belajar signifikan karena dipengaruhi oleh motivasi belajar. Dan pola asuh terbaik untuk diterapkan kepada anak adalah pola asuh authoritative ENGLISH Parents are an important element in education. Therefore, schools should establish good cooperation with the parents to realize a common goal that is scored competitive generation, both in academic and non-academic. Parents also have to be smart and careful in observing the growth and the development of children in order to determine the attitude of the best care for their children. This study uses a quantitative research Lambdacorrelation, Kendall's Tau_b, Spearman Rho, and descriptivemeanand standard deviation. Data collection technique used is the technique of questionnaires, interviews, observation, and documentation. In this study, researchers found that parents parenting significantly influence the motivation to learn the correlation number Lambda0.020 > 0.05, whereas no significant learning outcomes , namely 0.490 > 0.05 . Then for learning motivation and learning outcomes are also significant with the number of correlation Kendall 's Tau-b0290 > 0.05 and Spearman Rho0303 > 0.05 . As for the type of good parenting is the most authoritative parentingwith an average value of 3.16 motivations and learning outcomes value 3.64. Then indulgent parentingwith an average value of 2.95 motivation and learning outcomes 3.55. The next Authoritarianwith an average value of 2.79 motivation and learning outcomes 3.50. The next neglectfulwith the average value of motivation and learning outcomes 3.20 and 2.00. Based on the research results, we concluded that parents parenting significantly influence the motivation on learning and not significant on learning outcomes. Significant learning outcomes are influenced by motivation of learning. And the best parenting style to be applied to the children is the authoritative parenting style

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pola asuh orang tua; motivasi belajar; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 21 Jul 2022 08:00
Last Modified: 21 Jul 2022 08:00
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1259

Actions (login required)

View Item View Item