Suhandra, Ika Rama (2018) Pemanfaatan media gambar berseri untuk memperkaya kemampuan menulis naratif bahasa inggris siswa kelas IX MTS NW Nurul Wathon Pengembur Lombok Tengah. Transformasi, 14 (1). pp. 63-76. ISSN (p) 1858-3571 dan (e) 2580-9628

[img] Text (Artikel Jurnal)
PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUKMEMPERKAYA KEMAMPUANMENULIS NARATIF BAHASA INGGRISSISWA KELAS IX MTS. NW NURUL WATHON PENGEMBURLOMBOKTENGAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (169kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/transfo...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi internasional merupakan tuntutan bagi siswa agar mampu bersaing di era globalisasi. Masyarakat di daerah destinasi wisata seperti Lombok membutuhkan penguasaan Bahasa Inggris yang baik agar memudahkan mereka untuk mencari lapangan pekerjaan. Oleh karenanya siswa di sekolah harus mendapatkan pembelajaran Bahasa Inggris yang baik agar memiliki kompetensi yang memadai. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi bahasa Inggris bagi siswa kelas IX melalui pemanfaatan gambar berseri. Metode pengabdian yang digunakan adalah dengan pengabdian tindakan kelas (PTK) dengan partisipan sebanyak 24 siswa kelas IX. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pemanfaatan media gambar berseri dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan kemampuan menulis naratif dalam Bahasa Inggris. ENGLISH Mastery of English as an official international language is a demand for students to be able to compete in the era of globalization. The residents in tourist destination areas such as Lombok need to master good English in order to be easier in finding jobs. Therefore students in schools must get good English learning in order to have adequate competence. The purpose of this community service activity is to improve the ability to write English narratives for students of class IX through the use of serial images. The method used was classroom action research with 24 students as participants in IX grade. The results show that the use of serial image media in learning English can improve the ability to write narratives in English.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gambar berseri; bahasa inggris; kemampuan menulis
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200301 Early English Languages
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200302 English Language
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200508 Other Literatures in English
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Raden . Jie
Date Deposited: 31 May 2022 07:59
Last Modified: 10 Jun 2022 03:44
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item View Item