Jamiluddin, Jamiluddin (2021) Peningkatan aktivitas belajar IPS melalui penerapan strategi bermain peran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keruak. Society: Jurnal Prodi Tadris IPS, 12 (1). pp. 31-44. ISSN (p) : 2087-0493,(e) : 2715-5994

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KERUAK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (592kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/society...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan aktifitas belajar Mata Pelajaran IPS pada siswa kelas VIII B SMP Negeri 1 Keruak Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan strategi “Bermain Peran”. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus, siklus 1 terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 1 kali pertemuan dengan jumlah siswa 40 orang. Data dalam penelitian ini berupa kegiatan guru, aktivitas belajar siswa, dan respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi/pengamatan, angket, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisa data dalam penelitian ini dilakukan secara analisis kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat dirumuskan sebagai berikut : Perencanaan pembelajaran, ada peningkatan dari 70% pada siklus I menjadi 80 % pada siklus II. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru juga mengalami peningkatan dari 80 % pada siklus I menjadi 95 % pada siklus II. Aktifitas belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 67%, menjadi 83 %, dalam siklus II. Sedangkan respon siswa terhadap kegiatan belajar mengajar dapat diuraikan sebagai berikut : kualifikasi yang menyatakan tidak senang sudah tidak ada, baik pada siklus I maupun pada siklus II. Sedangkan yang menyatakan kualifikasi kurang senang menunjukkan penurunan dari 6 siswa (15 %) pada siklus I, menjadi 2 siswa( 5%) pada siklus II. Kualifikasi yang menyatakan senang tidak mengalami kenaikan dari 25 siswa (62,5 %) pada siklus I, menjadi 25 siswa (62,5 %) pada siklus II. Kualifikasi yang menyatakan senang sekali mengalami kenaikan dari 9 siswa (22,5%) pada siklus I, menjadi 13 siswa (32,5%) pada siklus II. Hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “jika strategi ‘Bermain Peran’ digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Mata Pelajaran IPS, maka aktifitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Keruak, Kabupaten Lombok Timur akan meningkat”, dapat diterima ENGLISH: The purpose of this classroom action research is to increase social studies subject learning activities in class VIII B students of SMP Negeri 1 Keruak, East Lombok Regency by using the "Role Playing" strategy. This Classroom Action Research was carried out using two cycles, cycle 1 consisting of 2 meetings and cycle 2 consisting of 1 meeting with 40 students. The data in this study are in the form of teacher activities, student learning activities, and student responses in teaching and learning activities. Collecting data in this study using observations / observations, questionnaires, interviews, field notes and documentation. Data analysis in this study was carried out by qualitative analysis. The results showed that the learning activities carried out by the teacher could be formulated as follows: Learning planning, there was an increase from 70% in cycle I to 80% in cycle II. While the implementation of learning carried out by the teacher also increased from 80% in cycle I to 95% in cycle II. Student learning activity has increased, in cycle I by 67%, to 83%, in cycle II. Meanwhile, students' responses to teaching and learning activities can be described as follows: qualifications that express displeasure are gone, both in cycle I and cycle II. Meanwhile, those who stated that the qualifications were not happy showed a decrease from 6 students (15%) in the first cycle to 2 students (5%) in the second cycle. Qualifications that expressed pleasure did not increase from 25 students (62.5%) in cycle I to 25 students (62.5%) in cycle II. Qualifications that expressed joy increased from 9 students (22.5%) in cycle I to 13 students (32.5%) in cycle II. The action hypothesis which states that "if the 'Role Playing' strategy is used in the social studies subject, then the learning activities of class VIII students of SMP Negeri 1 Keruak, East Lombok Regency will increase", is acceptable.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peningkatan aktivitas belajar IPS; strategi bermain peran
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 07 Aug 2022 13:41
Last Modified: 07 Aug 2022 13:41
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1292

Actions (login required)

View Item View Item