Jihad, Salimul (2018) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam Pelajaran Mufrodat Kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 17 (1). pp. 96-188. ISSN (e) 2655-7746, (p) 2087-3638

[img] Text (Artikel)
Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 20162017.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (500kB)
[img] Text (Peer Review.)
Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016-2017.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (253kB)
[img]
Preview
Image (SK Akreditasi jurnal)
WhatsApp Image 2023-03-31 at 13.45.12.jpeg - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (289kB) | Preview
[img] Text (Hasil cek plagiasi)
STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/eltsaqa...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar mufrodat dalam pelajaran bahasa arab kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram”. Pendekatan penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun jenis pendekatan kualitatif yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data adalah proses mengatur urutan data, mengorganisasikan kedalam pola, kategori dan satuan uraian dasar. Analisis data menurut Bogdan & Biklen (dalam Lexy J. Moleong, 2012:248) adalah upaya yang dilakukan dengan jalan bekerja dengan data, mengorganisasikan data, memilah-milahnya menjadi satuan yang dapat dikelola, mensintesiskannya, mencari dan menemukan pola, menemukan apa yang penting dan apa yang dipelajari, dan memutuskan apa yang dapat diceriterakan kepada orang lain. Hasil penelitian ini adalah : (1) Pembelajaran Mufrodat Pada Siswa Kelas VI dimulai dengan guru melafalkan Mufrodat atau kalimat bahasa Arab, kemudian semua siswa mengikuti apa yang dilafalkan tersebut baik secara kelompok maupun individu. Dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya pelajaran Mufrodat memang sudah seharusnya menjadi latihan tersendiri bagi semua siswa mulai dari mendengarkan Mufrodat, melafalkan Mufrodat dan menterjemahkan arti Mufrodat. Sehingga dengan demikian pelajaran Mufrodat tersebut menjadi pelajaran yang mudah untuk dipahami oleh semua siswa. (2) Kesulitan belajar pada pelajaran Mufrodat dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VI lebih banyak datang daripada siswa itu sendiri. Hal itu dikarenakan siswa yang berkesulitan belajar tersebut belum lancar dalam membaca Al-Qur’an baik pada pelafalan kata, kalimat, maupun ujaranujaran huruf bahasa Arab yang terdapat didalam Al-Qur’an dan itu sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar, tujuan pembelajaran dan pencapaian dalam pembelajaran bahasa Arabnya. Selain itu factor utama penyebab kesulitan belajar siswa adalah (factor internal) seperti minat siswa, bakat, kamauan dan lain sebagainya. (fakror eksternal) seperti lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah dan sebagainya. (3) Strategi guru untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Pembelajaran Mufrodat adalah dengan guru tersebut tetap belajar agar proses pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien, memperbanyak khazanah pengetahuan bahasa Arab dengan memperbanyak membaca kamus-kamus bahasa Arab dan melatih semua siswa dalam hal pelafalan Mufrodat, pengucapan kalimat bahasa Arab, pengujaran huruf-huruf dalam Mufrodat dan sebagainya. Selain itu, guru dapat menerapkan beberapa strategi pembelajaran seperti strategi demonstrasi, strategi bercakap-cakap, strategi bercerita dan strategi bermain. Sebagai acuan bagi guru agar proses pembelajaran berjalan seperti yang diharapkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi; mengatasi; kesulitan; belajar; mufrodat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Dr. Salimul jihad
Date Deposited: 05 Aug 2022 05:13
Last Modified: 03 Apr 2023 04:09
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item