Andriani, Parhaini (2010) Pengaruh asal sekolah dan jurusan terhadap hasil belajar Pengantar Dasar Matematika Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 3 (2). pp. 118-133. ISSN (P)2085-5893 (E) 2541-0458

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH ASAL SEKOLAH DAN JURUSAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENGANTAR DASAR MATEMATIKA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH IAIN MATARAM.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (497kB)
Official URL: https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Salah satu mata kuliah menuntut kemampuan analisis yang kritis dan kreatif adalah Pengantar Dasar Matematika (PDM). Karena mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar, maka diperlukan kemampuan awal (prior knowledge) yang mumpuni. Oleh karena itu perlu dikaji bagaimana pengaruh asal sekolah dan jurusan terhadap hasil belajar PDM. Data 80 orang mahasiswa jurusan Tadris Matematika dan Tadris IPA yang berasal dari MA dan SMA diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling dan dianalisis dengan desain faktorial 2x2. Hasil uji ANAVA dua jalan menunjukkan bahwa asal sekolah berpengaruh nyata terhadap hasil belajar PDM sedangkan jurusan tidak berpengaruh secara signifikan pada hasil belajar PDM. Fakta yang sama ditemukan pada jurusan tadris Matematika dan Tadris IPA yang menunjukkan bahwa hasil belajar PDM mahasiswa yang berasal dari SMA lebih baik dari mahasiswa yang berasal dari MA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: asal sekolah; jurusan; hasil belajar; pengantar dasar matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 10 Oct 2022 05:31
Last Modified: 10 Oct 2022 05:31
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item