Hajaroh, Siti (2019) Pengaruh intensitas penggunaan game gadget terhadap minat belajar siswa. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 11 (2). pp. 169-192. ISSN (p) 2087-8389 (e) 2656-4289
![]() |
Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN GAME GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (731kB) |
Downloads
Downloads per month over past year
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas penggunaan game gadget terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MI NW Gelogor sebanyak 26 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh sehingga jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi sederhana setelah uji prasyarat dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh intensitas penggunaan game gadget terhadap minat belajar siswa kelas V MI NW Gelogor tahun pelajaran 2017/2018 sebesar 40% dan 60% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Terdapat pengaruh negatif signifikan kuat yang ditunjukan dengan nilai korelasi (r) sebesar -0,63081, terbukti signifikan dengan nilai t hitung = 3,982 dibandingkan dengan t tabel =2,064 sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Dari hasil analisis regresi liniear sederhananya diperoleh persamaan regresi Y=63,94-0,46X. dimana konstanta sebesar 63,94: artinya jika intensitas penggunaan game gadget (X) nilainya 0, maka minat belajar siswa (Y) nilainya yaitu sebesar 63,94. Koefisien regresi variabel minat belajar siswa sebesar -0,46: artinya jika intensitas penggunaan game gadget mengalami kenaikan 1, maka minat belajar siswa (Y) akan mengalami penurunan sebesar -0,46. Ini berarti semakin naik intensitas penggunaan game gadget maka semakin menurun minat belajar siswa dan sebaliknya
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | intensitas; penggunaan game gadget; minat belajar siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190202 Computer Gaming and Animation |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia |
Depositing User: | Syahrul Gunawan Adita, S.E |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 07:42 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 07:42 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1585 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |