Ridwan, Ridwan and Murzal, Murzal (2021) Pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19: telaah terhadap implementasi daring di MI Fathul Akbar NW Tempos Desa Banyu Urip. Elmidad: Jurnal PGMI Universitas Islam Negeri Mataram, 13 (2). pp. 86-100. ISSN (p) 2087-8389 (e) 2656-4289

[img] Text (Artikel Jurnal)
PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (414kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Pembelajaran Daring merupakan salah satu alternative pada proses kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini memfokuskan pada bagaimana implementasi pembelajaran daring yang diterapkan guru di MI Fathul Akbar NW Tempos, bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran daring yang diterapkan guru di MI Fathul Akbar NW Tempos, dan bagaimana strategi efektif untuk pembelajaran daring di MI Fathul Akbar NW Tempos. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian menggambarkan 1) Implementasi Pembelajaran daring di MI Fathul Akbar NW Tempos telah dilaksanakan dengan sangat baik, sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku. Disamping itu sebagai penunjang kegiatan pembelajaran daring di MI Fathul Akbar NW Tempos diterapkan pembelajaran tatap muka selama dua jam dalam dua kali seminggu. 2) Persepsi siswa terhadap pembelajaran bermacam-macam, pertama ada yang sangat setuju dan mendukung pembelajaran daring dikarenakan melihat kondisi dan situasi serta pengimplementasian yang dirasa cukup dapat memberikan pemahaman yang cukup. Kedua, beberapa siswa kurang setuju dan berminat terkait pembelajaran daring dikarenakan terlalu monotonnya cara penyampaian guru dan sulit dapat memahami materi pelajaran. 3)Strategi yang efektif terhadap pengimplementasian pembelajaran daring di MI Fathul Akbar NW Tempos adalah dengan mengkreasikan teknik penyampaian pembelajaran agar tidak monoton dan membuat siswa merasa bosan untuk mengakses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring; pandemi covid-19
Subjects: 11 MEDICAL AND HEALTH SCIENCES > 1103 Clinical Sciences > 110309 Infectious Diseases
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160503 Communications and Media Policy
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190205 Interactive Media
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 30 Aug 2022 00:36
Last Modified: 30 Aug 2022 00:36
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item