Astuti, Alfira Mulya (2014) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 7 (1). pp. 1-12. ISSN (P)2085-5893 (E) 2541-0458

[img] Text (Artikel Jurnal)
EFEKTIVITASMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (854kB)
[img] Text (Hasil cek plagiasi)
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
Official URL: https://jurnalbeta.ac.id/index.php/betaJTM/article...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) terhadap peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi Tahun Ajaran 2013/2014. Desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian eksperimen yang tergolong pre-experimental designs dengan jenis desain one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi dengan sampel penelitian siswa kelas VIII B yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas yang menggunakan metode GI (Group Investigation). Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar siswa. Teknik analisis datanya menggunakan uji t sample related yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas chi kuadrat dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil analisis diperoleh sebesar -28,2107 dan pada taraf signifikan 1% diperoleh dengan menggunakan teknik interpolasi sebesar 2,67, sehingga . Ini menunjukan bahwa pada taraf kepercayaan 99% model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation) efektif dalam meningkatkan kemampuan investigasi matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Soromandi Tahun Ajaran 2013/2014. Peningkatan kemampuan investigasi matematika dapat dilihat dari kenaikan rata-rata nilai pretest sebesar 31,677 ke posttest sebesar 63,5 yang signifikan. Selain itu, peningkatan kemampuan investigasi matematika siswa tergambar dari cara siswa menyelesaikan persoalan matematika dengan langkah yang berbeda-beda berdasarkan kemampuan investigasi matematika yang mereka miliki.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: group investigation; kemampuan investigasi matematika
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 11 Oct 2022 00:25
Last Modified: 14 Jun 2023 04:49
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item