Bahtiar, Bahtiar (2018) Pengaruh strategi think-talk-write (TTW) berbasis kontekstual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII Mts NW Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Biota: Jurnal Tadris IPA Biologi, 8 (1). pp. 43-54. ISSN 2460-8483

[img] Text (Artikel Jurnal)
PENGARUH STRATEGI THINK-TALK-WRITE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (199kB)
Official URL: https://biota.ac.id/index.php/jb/article/view/58

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Think-Talk-Write berbasis kontekstual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs NW Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Desain penelitian yang digunakan adalah true eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group Design dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTs NW Wanasaba dengan jumlah 80 orang siswa yang terbagi dalam 3 kelas. Sedangkan sampel diambil secara simple random sampling dan sampel yang terpilih adalah kelas VIIC sebagai kelass eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan untuk mengukur keterampilan proses sains siswa adalah lembar observasi dan tes, masing-masing instrument disusun berdasarkan indikator keterampilan proses sains yang diamati. Hasil analisis data observasi menggambarkan bahwa ada perbedaan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen (VIIC) dan kelas kontrol (VIIB) yaitu kelas eksperimen memiliki skor observasi 82,66% sangat tinggi dari pada kelas kontrol 23,33%. Sedangkan hipotesis di uji menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil pengolahan data posttest diperoleh t-hitung ≥ t- tabel atau 4,79 ≥2,01 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi Think-Talk-Write berbasis kontekstual terhadap keterampilan proses sains siswa kelas VII MTs NW Wanasaba Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: strategi think-talk-write; kontekstual; keterampilan proses sains
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Fisika
Depositing User: Syahrul Gunawan Adita, S.E
Date Deposited: 01 Nov 2022 07:04
Last Modified: 01 Nov 2022 07:04
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1842

Actions (login required)

View Item View Item