Sobry, M. (2022) Analisis peran Tuan Guru dalam mengelola proses pembelajaran pada era new normal. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (4). pp. 2604-2615. ISSN P-ISSN E-ISSN : 2442-9511 2656-5862

[img] Text (Artikel Jurnal)
Analisis Peran Tuan Guru.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (327kB)
Official URL: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/ar...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pimpinan Pondok Pesantren (Tuan Guru) dalam memenej atau mengelola serta menampung aspirasi semua kalangan dalam pembelajaran di era new normal dan faktor pendukungnya. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Haramain Narmada Lombok Barat. Peneliti merancang penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah Pimpinan (Tuan Guru), Guru, Santri, Wali santri dan masyarakat yang terlibat di Pondok Pesantren Nurul Haramain. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data di analisis berdasarkan hasil dari proses pengumpulan data dan dicek keabsahannya menggunakan metode triangulasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa peran Tuan Guru menentukan kesuksesan proses pembelajaran new normal dan faktor pendukungnya. Pendukung kesuksesan pembelajaran di era new normal adalah pertama infrastruktur dan sumber daya guru. Kedua dukungan masyarakat, wali santri, santri dan pemerintah. Ketiga dukungan ekonomi atau ketahanan ekonomi pesantren. Dukungan ini akan berjalan apabila Tuan Guru mengelola dan memberikan arahan kepada semua kalangan bahwa kesuksesan pembelajaran new normal ini merupakan tanggung jawab bersama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: peran tuan; guru; mengelola proses pembelajaran; era new normal
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 05 Oct 2022 02:31
Last Modified: 05 Oct 2022 02:31
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/1868

Actions (login required)

View Item View Item