Wathoni, Lalu Muhammad Nurul (2018) Filsafat pendidikan islam: analisis pemikiran filosofis kurikulum 2013. CV Uwais Inspirasi Indonesia Ponorogo, Ponorogo. ISBN 978-602-5891-30-4

[img] Text (Buku)
COVER BUKU FPI_compressed.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)
Official URL: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=I2pw...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Sisidiknas menjelaskan bahwa kurikulum merupakan isi dari pendidikan, ia menjadi perangkat rencana yang didalamnya terdapat tujuan, isi, bahan pembelajaran, metode, penilain dan pedoman pembelajaran lainnya agar pendidikan menjadi jelas dan terang. Namun bagimana jadinya, ketika kurikulum yang menjadi pedoman pendidikan tersebut tidak memiliki landasan filosofis pemikiran yang jelas, kuat dan mendalam? Tentu kurikulum yang terbangun dengan pondasi pemikiran yang lemah akan cepat runtuh, sistem pendidikan yang terbentuk akan terapung-apung, tujuan yang samar-samar, dan orientasi yang tidak pasti. Untuk mengantisipasi kehawatiran tersebut, maka kurikulum haruslah memiliki landasan filososfis yang jelas dan kuat. Disinilah peran besar Filsafat Pendidikan sebagai alat untuk menggali dan membuat pondasi yang kuat tersebut, dan sebagai material dasar membagun kurikulum yang sempurna. Melihat banyaknya pemikiran yang menjadi teori-teori dalam filsafat pendidikan, terutama dari pemikiran Barat yang sangat tua dan tersistemamtis, maka buku ini membatasi bahasan pemikiran dan teori pada pemikiran pendidikan Islam dari para tokoh Muslim klasik sampai kontemporer yang diakumulasikan dari sumber ajaran Islam. Sebab yang membedakan filsafat pendidikan secara umum dengan filsafat penddikan Islam yaitu filsafat pendidikan Islam berasal dari ajaran murni agama yang tertuang dalam Alqur’an, Alhadits dan pendapat para ulama, sedangkan filsafat pendidikan umum bersumber dari akal dan rasionalitas serta materialitas semata. Faktual, bahwa khazanah intlektual Muslim perlu dijaga dan dikembangkan menjadi pandangan hidup (way of life), khususnya dalam kaitan dengan pendidikan. yaitu pendidikan yang diarahkan pada dua aspek, pertama, insân paripurna, yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah Swt., kedua, insân kâmil yang bertujuan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Buku ini mencoba mengkorelasikan dua entitas konseptual yaitu Kurikulum 2013 dan Filsafat Pendidikan Islam supaya bisa beriringan dan saling melengkapi. Melihat Kurikulum Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis karakter (character based curriculum) sedangkan dalam filsafat pendidikan Islam istilah yang erat hubungannya dengan hal tersebut adalah falsafah al-akhlâqiyyah, juga melihat Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang berbasis kompetensi (competency based curriculum) sedangkan dalam filsafat pendidikan Islam istilah yang erat hubungannya dengan hal tersebut adalah falsafah al-insâniyyah; dan melihat Masyarakat Indonesia mayoritas beragama Islam kurang lebih 87 persen. Buku ini disamping memperkaya khazanah literatur filsafat pendidikan Islam juga diharapkan dapat memeberikan pencerahan bagi para mahasiswa, pemerhati, pengembang, pengelola dan pelaksana pendidikan Islam.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pendidikan islam; falsafah al-hadhâriyyah; pendidikan di Indonesia
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2203 Philosophy > 220304 Epistemology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu Wathan M.Pd
Date Deposited: 10 Jan 2023 02:13
Last Modified: 09 Mar 2023 08:31
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2148

Actions (login required)

View Item View Item