Yusuf, Yusuf (2022) Problem-based learning dan kecerdasan naturlis: eksperimen terhadap kemampuan pemecahan masalah lingkungan. Cetakan 1 . Prenada, Jakarta. ISBN 978-602-383-141-8

[img] Text (Buku Referensi)
PROBLEM-BASED LEARNING DAN KECERDASAN NATURALIS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan PLH monolitik dan PLH terintegrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa didik memecahkan masalah lingkungan. Temuan lain yang diperoleh bahwa kemampuan siswa didik memecahkan masalah lingkungan hidup juga dapat ditingkatkan melalui kecerdasan naturalis siswa didik. Rumusan ini memberikan implikasi bagi pengembangan pendekatan pembelajaran lingkungan, terutama dalam memecahkan permasalahan lingkungan hidup bagi siswa didik yang mempunyai kecerdasan naturalis tinggi dan rendah. Upaya meningkatkan kemampuan guru/pendidik dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah melalui pendekatan PLH monolitik dan PLH terintegrasi dalam meningkatkan kemampuan siswa didik memecahkan masalah lingkungan. Kemampuan siswa didik memecahkan masalah lingkungan dapat ditingkatkan melalui pembelajaran berbasis masalah. Guru/pendidik dapat menjadikan pembelajaran berbasis masalah sebagai salah satu metode pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kepedulian, perhatian, dan kepekaan siswa didik terhadap lingkungan. Sehingga setiap permasalahan yang timbul yang berdampak terhadap penurunan kualitas lingkungan hidup dapat segera dicegah bahkan dicari solusinya. Pembelajaran berbasis masalah dapat diterapkan oleh guru/pendidik dalam pembelajaran tentang pengetahuan lingkungan hidup (monolitik dan terintegrasi), tanpa memandang apakah kemampuan akademik siswa didik di atas atau di bawah rata-rata. Hal ini karena pembelajaran berbasis masalah dapat diterapkan di kelas untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan akademis siswa didik dalam memecahkan masalah lingkungan hidup, baik pada kelompok dengan kecerdasan naturalis tinggi maupun kecerdasan naturalis rendah. Berdasarkan pengamatan lapangan, tampak kemampuan guru/pendidik dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah masih terlihat lemah. Namun melalui arahan dan bimbingan secara langsung dan adanya keinginan yang kuat untuk belajar terutama menerapkan pembelajaran yang efektif, kreatif, dan inovatif, secara tahap demi tahap kemampuan guru/pendidik terus mengalami peningkatan. Pada masa mendatang, sangat diharapkan pengembangan kemampuan guru/pendidik dalam menerapkan model pembelajaran terutama pembelajaran kontekstual, dapat terus dilaksanakan oleh setiap guru IPA/PLH melalui penelitian tindakan kelas atau lesson study. Dengan demikian, tidak hanya kemampuan siswa didik dalam memecahkan masalah lingkungan hidup yang tepat dan efektif, namun kemampuan dan keterampilan guru/pendidik dalam menerapkan metode pembelajaran pada mata pelajaran IPA/PLH mampu memengaruhi pengetahuan, kemampuan, sikap dan kepedulian siswa didik terhadap kondisi lingkungan sekitar. Secara khusus, PLH perlu dipertimbangkan untuk menjadi mata pelajaran yang mandiri. Temuan di lapangan mengindikasikan akan keunggulan PLH monolitik dibandingkan dengan PLH terintegrasi. Fokus PLH monolitik yang lebih terarah dengan cakupan yang lebih mendalam tentu nya akan dapat membantu siswa didik untuk lebih mengetahui kehidupan lingkungan di sekitarnya, mengetahui, dan mengidentifikasi permasalahan yang ada, dan kemudian mencari solusi atas permasalahan yang mereka temukan. Pentingnya kecerdasan naturalis sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa didik dalam memecahkan masalah lingkungan hidup. Kecerdasan naturalis siswa didik berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa didik memecahkan masalah lingkungan hidup. Dalam memilih pendekatan perlu memahami dan mempertimbangkan kecerdasan naturalis siswa sebagai salah satu bentuk kecerdasan siswa didik. Di mana siswa didik dengan kecerdasan naturalis yang tinggi menunjukkan kecakapan, kemampuan, dan kemahiran dalam mengidentifikasi dan mengklasifikasi berbagai jenis tumbuhan dan hewan yang terdapat di lingkungannya. Pada dunia nyata, seorang naturalis memiliki kemahiran dalam berkebun, merawat tanaman yang indah, memelihara hewan serta memiliki perhatian yang dalam tentang penyelamatan lingkungan.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: hakikat IPA biologi dan pembelajarannya; kemampuan memecahkan masalah lingkungan hidup; pembelajaran berbasis masalah; pendekatan PLH monolitik; pendekatan PLH terintegrasi; kecerdasan naturalis; relevansi PLH monolitik, PLH terintegrasi, dan kecerdasan naturalis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Dr. M.Si., Kristayulita Kristayulita
Date Deposited: 12 Apr 2023 03:44
Last Modified: 12 Apr 2023 03:44
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2377

Actions (login required)

View Item View Item