Lubna, Lubna (2015) Evaluasi kebijakan menuju pendidikan berkeadilan. In: Islamic Finance And Finance And Philanthropy : Sharing Experience Between Malaysia And Indonesia. Sanabil, Mataram, pp. 391-408. ISBN 978-602-72451-0-5

[img] Text (Book Section)
BOOK CAPTER LUBNA 2015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar dan usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan untuk menjadi insan yang cerdas. dan berkarakter. Insan yang cerdas adalah insan yang cerdas secara komprehensif baik cerdas spiritual, sosial, intelektual dan emosional serta punya sikap amanah sebagai perwujudan dari social capital dan human capital yang dibutuhkan pada era globalisasi. Sarana yang paling tepat untuk mencapai cita cita tersebut sebagaimana diamanatkan UUD 1945 adalah pendidikan. Untuk konteks indonesia yang sangat plural membutuhkan penyelenggaraan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan akan keragaman tersebut.. Tulisan ini akan menyoroti kebijakan pemerintah indonesia dalam bidang pendidikan terkait isu untuk menyiapkan generasi yang cerdas dan berkarakter dengan pendekatan berkeadilan, pentingnya mengevaluasi isu kebijakan atau program tersebut sebagai upaya mewujudkan pendidikan yang berkeadilan dalam konteks indonesia.

Item Type: Book Section
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130301 Indonesian Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Dr. Zahraini. M.Pd.I
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:36
Last Modified: 17 Apr 2023 03:36
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2870

Actions (login required)

View Item View Item