Andriani, Parhaini (2021) Analisis pola argumentasi siswa dalam menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi. Journal of Math Tadris (jMt), 1 (2). pp. 101-114. ISSN e: 2776-0316, p: 2776-1553

[img] Text (Artikel Jurnal)
2021-Pola argumentasi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (413kB)
[img] Text (Plagiarism Check (Turnitin))
Uji Plagiasi-Analisis pola argumentasi.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
Official URL: https://jurnal.jurmat.com/index.php/jmt/article/vi...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Argumentasi merupakan cara seseorang untuk menghadapi setiap pertanyaan, isu-isu serta membantah dalam menghadapi setiap masalah. Argumentasi sangat diperlukan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa dan agar siswa dapat menjelaskan secara logis tahapan penyelesaian yang tepat untuk menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola argumentasi yang digunakan siswa dalam menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah 3 siswa kelas XI IPA di MA Darul Aitam Jerowaru yang terdiri dari 1 siswa berkemampuan matematika tinggi, 1 siswa yang berkemampuan matematika sedang, dan 1 siswa yang berkemampuan matematika rendah. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling jenis quota sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator pola argumentasi siswa dalam menyelesaikan soal permutasi dan kombinasi. Berdasarkan hal tersebut, maka pola argumentasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah gabungan kemampuan matematika tinggi memiliki pola argumentasi yaitu, data, claim, evidence, yang diberikan dengan tepat. Siswa berkemampuan sedang memiliki pola argumentasi yaitu, data, claim, reasoning, dan rebuttal, yang diberikan dengan tepat dan juga siswa dengan kemampuan matematika rendah memiliki pola argumentasi yaitu, data, claim, dan rebuttal, yang diberikan dengan tepat

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pola argumentasi; Pemecahan masalah; permutasi dan kombinasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Dr., M.Pd. Parhaini Andriani
Date Deposited: 17 Apr 2023 07:09
Last Modified: 30 May 2023 03:48
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/2897

Actions (login required)

View Item View Item