Syukri, Syukri (2009) Peran pendidikan di Perguruan Tinggi terhadap perubahan perilaku kaum intelektual (sosial- Individu). Kreatif: Jurnal Studi Pendidikan, 6 (1). pp. 1-11. ISSN 0216-7794

[img] Text (Artikel Jurnal)
kreatif vol VI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (10MB)

Abstract

INDONESIA Eksistensi perguruan tinggi tetap digugat masyarakat ketika tidak mampu memberikan solusi perbaikan moral bagi lulusannya. Didasarkan pada asumsi bahwa semakin tinggi pendidikan seseorang maka semakin baik perilaku dalam kehidupannya sehari-hari. Pernyataan ini terkesan idealis menurut pandangan tradisional dan terkesan klise bagi kaum moderis sebab perguruan tinggi tidak terlalu mengurus ketinggian moral alumninya. Pandangan terakhir ini sekarang sedang menggejala pada semua perguruan tinggi di dunia, baik di kalangan perguruan tinggi Islam Timur Tengah, lebih lebih perguruan tinggi Barat yang merupakan sumbu utama lahirnya sekulerisme dan dikotomi agama dan sains. Perguruan tinggi lebih fokus pada wacana ilmiah-rasional karena didukung oleh komponen matakuliah pokok dan pilihan, sementara pembentukkan perilaku mahasiswa, hanya ditopang oleh matakuliah pilihan, maka sangat kecil pengaruh pembentukan perilaku terpuji mahasiswa bahkan nyaris tidak ada satupun matakuliah yang membahasnya. Karena itu perubahan perilaku mahasiswa atau alumni perguruan tinggi kurang ditentukan oleh arah kebijakan kampus, melainkan banyak ditentukan oleh kualitas diri mahasiswa, baik karena kesadaran diri maupun orang tuanya yang senantiasa memberikan rezeki yang halal dan bergizi. Dua komponen terakhir menjadi beberapa variabel penentu terhadap ada atau tidaknya pengaruh pendidikan mahasiswa atau alumni terhadap perubahan perilakunya selama dalam menempuh pendidikan tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: perguruan tinggi; alumni; moral dan individu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 02 Mar 2022 02:19
Last Modified: 02 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/359

Actions (login required)

View Item View Item