Zaki, M. (2020) Lingkaran konsentris manajemen pendidikan. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-7881-37-7

[img] Text (Buku)
LINGKARAN KONSENTRIS MANAJEMEN PENDIDIKAN -.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review lingkaran konsentris manaj. pendidikan.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (653kB)

Abstract

INDONESIA Pendidikan yang diorkestrasi dan diinginkan oleh manusia adalah pendidikan yang dapat membantu dirinya dalam rangka mengaktualisasikan atau mewujudkan dirinya. Bukan pendidikan sebagaimana kehendak pendidik yang kerap mengabaikan dimensi individualitasnya. Selain sebagai individu, manusia juga merupakan makhluk sosial yang hidup bersama dengan manusia lainnya. Dalam kehidupan bersama dengan sesamanya, akan terjadi hubungan simbiosisme mutualisme. Setiap individu akan menerima pengaruh dari individu yang lainnya. Kenyataan ini memberikan kemungkinan bagi manusia untuk dapat dididik, sebab upaya bantuan atau pengaruh pendidikan itu disampaikan justru melalui interaksi atau komunikasi antar sesama manusia. Dan bahwa manusia dapat menerima bantuan atau pengaruh pendidikan juga melalui interaksi atau komunikasi dengan sesamanya. Dimensi yang paling khas pada diri manusia adalah dimensi moralitas. Manusia memiliki kemampuan untuk membedakan yang baik dan tidak baik, dan pada dasarnya ia berpotensi untuk berperilaku baik atas dasar kebebasan dan tanggung jawabnya. Pendidikan hakikatnya bersifat normatif artinya dilaksanakan berdasarkan sistem nilai dan norma tertentu serta diarahkan untuk mewujudkan manusia ideal, yaitu manusia yang diharapkan sesuai dengan sistem nilai dan norma tertentu yang bersumber dari agama maupun budaya yang diakui. Pendidikan bersifat normatif dan manusia memiliki dimensi moralitas, karena itu aspek moralitas meniscayakan manusia bergantung dan membutuhkan pendidikan. Dengan adanya pendidikan, diharapkan manusia mampu menyadari dan menumbuhkembangkan berbagai potensinya: spiritual, jiwa, pikiran, dan tubuh. Dengan melakukan proses berpikir, manusia akan menemukan eksistensi kehadirannya sebagai makhluk yang telah diberi akal oleh Tuhan Yang Maha Esa. Demi pencapaian tujuan dan fungsi tersebut, pendidikan niscaya dilakukan dan berlangsung sepanjang hayat. Tujuan dan fungsi yang agung ini diyakini dapat diimplementasikan dan dieksternalisasikan melalui lokus dan institusi yang berlabel sekolah.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan; kepemimpinan; budaya organisasi; sumber daya manusia
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Pemikiran Politik Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 22 Jan 2021 04:05
Last Modified: 12 Apr 2022 02:19
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/36

Actions (login required)

View Item View Item