Lubna, Lubna (2023) Evaluasi kemampuan berpikir kritis stem mahasiswa ditinjau dari gaya kognitif melalui problem-based distance learning. Project Report. UIN Mataram. (Unpublished)

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN STEM 2023.pdf

Download (996kB)

Abstract

Kehadiran teknologi digital telah membawa transformasi di bidang pendidikan, dari pembelajaran tatap muka tradisional menjadi pembelajaran jarak jauh. Meskipun terjadi pergeseran, penting untuk tetap memprioritaskan pengembangan kemampuan berpikir kritis STEM (Science, Technology, Engineering and Math) mahasiswa sebagai keterampilan penting untuk sukses di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan berpikir kritis STEM mahasiswa ditinjau dari gaya kognitifnya (field-independent dan field-dependent) dengan menerapkan pembelajaran jarak jauh berbasis masalah PDBL (Problem-Based Distance Learning). Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kuantitatif desain eksperimental berdasarkan model empat tingkat Kirkpatrick, yang dilakukan di Universitas Pendidikan Mandalika. Seperangkat instrumen komprehensif yang telah diuji sifat psikometriknya (validitas dan reliabilitas) digunakan untuk mengukur berbagai aspek pembelajaran: gaya kognitif dan kemampuan berpikir kritis. Analisis deskriptif dan statistik dilakukan untuk menilai hasilnya. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa PBDL efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis STEM mahasiswa untuk kedua gaya kognitif (field- independent dan field-dependent). Hasil evaluasi menyeluruh terhadap aspek input, proses, output, dan outcome dibahas secara detail dalam penelitian ini. Penelitian ini berkontribusi pada banyak literatur khususnya terkait pengembangan pembelajaran jarak jauh dalam pembelajaran STEM

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Gaya Kognitif, Kemampuan Berpikir Kritis, Problem-Based Distance Learning, Penelitian Evaluatif.
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: Dr. Zahraini. M.Pd.I
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:58
Last Modified: 12 Sep 2024 07:48
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3726

Actions (login required)

View Item View Item