Lubna, Lubna (2024) Analysis of learning and assessment models in social science for students of UIN Mataram Indonesia and Upsi Malaysia. Discussion Paper. UIN Mataram. (Unpublished)
![]() |
Text
LAPORAN PENELITIAN KOLABORATIF MODEL PEMBELAJARAN DAN ASESMEN INDONESIA MALAYSIA 2024.pdf - Supplemental Material Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran dan asesmen ilmu sosial yang diterapkan di FTK-UINMA dan FPM-UPSI. Menemukan praktik terbaik yang dapat diadopsi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan asesmen di kedua perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan model Allir dari Milles dan Huberman dan komparasi antar situs. Hasil penelitian menunjukkan kedua perguruan tinggi telah menerapkan model pembelajaran dan asesmen yang beragam. FTK UINMA menerapkan 4 Model; pembelajaran lansung (Direct instruction); Pembelajaran berbasis masalah (Problem-Based Learning); Pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning); dan pembelajaran kolaboratif (collaborative learning), sedangkan di FPM UPSI menerapkan 3 Model: Kuliah, Perbincangan dan Kajian lapangan (field work). Adapun untuk model asesmen, FTK UINMA menerapkan 4 Model asessmen authentic; Asesmen as Learning ; Asesmen for Learning ; dan Asesmen of Learning , Sedangkan FPM UPSI menerapkan 2 Model: Asesmen berkelajutan (Continuous Assessment) dan asesmen akhir. Selain terdapat persamaan pada aspek model pembelajaran yang terpusat pada mahasiswa, dan pengintegrasian teori dan praktik, pada aspek asesmen juga ditemukan persmaan pada tujuan asesmen dan ruang lingkup asesmen yang komrehensif dan holistik. Sedangkan perbedaannya terletak pada penggunakan flatform digital yang telah dikembang UPSI secara khusus dalam mendukung penerapan setiap model pembelajaran dan asesmen yaitu medium MYGURU, sementara UINMA masih pada tarap pengembangan LMS. Di sisi lain UINMA telah mengintegrasikan muatan kurikulum dengan nilai keislaman pada semua ranah pembelajaran
Item Type: | Monograph (Discussion Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran, aspek asesmen, ilmu sosial. Kolaborasi internasional perguruan tinggi. |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial |
Depositing User: | Dr. Zahraini. M.Pd.I |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 07:30 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 07:30 |
URI: | http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/3729 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |