Maimun, Maimun (2016) Evaluasi program kelas unggulan Di Madrasah Ibtidaiyah (MIN) Punia Mataram. El-Hikmah: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, 10 (2). pp. 143-156. ISSN e-ISSN 2527-4651, p-ISSN 2086-3594

[img] Text (Artikel Jurnal)
EVALUASI PROGRAM KELAS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (349kB)
[img] Text (Peer Review)
Peer Review evaluasi program.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (635kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elhikma...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

Artikel ini berupaya mengemukakan hasil evaluasi atas efektivitas penyelenggaraan pembelajaran Kelas Unggulan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Punia Mataram. Untuk mengukur efektivitas penyelenggaraan Program secara konprehensif maka evaluasi menggunakan model CIPP (Contexs, Input, Process, dan Product). Hasil Evaluasi menunjukkan: 1) Program ini dilatari oleh keinginan pihak sekolah agar supaya anak-anak didik yang memiliki prestasi dapat dikumpulkan menjadi satu, sehingga akan mendapatkan output yang maksimal. 2) Pelaksanaan program kelas unggulan di MIN Punia diawali dengan melakukan sosialisasi program kelas unggulan secara terbatas di internal guru. Selanjutnya pihak sekolah mengundang orang tua murid dalam rangka sosialisasi pembentukan kelas unggulan. Pelaksanaan pembelajaran di kelas unggulan tidak jauh berbeda dengan kelas regular, hanya saja kelas unggulan mendapatkan jam belajar tambahan pada sore hari. 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah berlangsungnya kelas unggulan. Keberadaan kelas unggulan juga dapat menjadikan siswa lebih giat dalam berkompetisi dengan temannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: evaluasi program; evaluasi model CIPP; kelas unggulan; madrasah ibtidaiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama > Jurusan Pemikiran Politik Islam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 27 Aug 2021 07:01
Last Modified: 24 Mar 2022 07:22
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item