Wildan, Wildan (2018) Pengembangan perangkat pembelajaran dari KBK sampai kurikulum 2013: panduan alternatif bagi guru dan calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dan penilaian. Pustaka Lombok, Lombok. ISBN 978-6025423-08-6

[img] Text (Buku)
82.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Pembelajaran yang efektif merupakan keinginan setiap guru di sekolah/madrasah, dengan berbagai ukuran-ukuran tersebut yang memungkinkan keefektifan dapat dicapai. Tercapainya tujuan pembelajaran yang ditetapkan, proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, pembelajaran yang dapat memancing dan menimbulkan kreativitas siswa dan lain sebagainya. Seperti pembelajaran yang diinginkan guru, pembelajaran yang akan dilaksanakan haruslah direncanakan dengan matang. Kematangar. rencana pembelajaran memungkinkan proses yang akan dijalani berdasarkan rencana tersebut akan mencapai keefektifan sesuai yang dikehendaki. Kondisi di sekolah/madrasah harus diakui bahwa masih terdapat guru yang belum menghayati pentingnya perencanaan pembelajaran, sehingga ada guru yang melakukan kegiatan pembelajaran tanpa membuat rencana pembelajaran, atau rencana pembelajaran menjadi ada karena didorong oleh kepentingan adminstrasi semata. Misalnya karena akan dikunjungi oleh pengawas sekolah/madrasah, atau karena akan divisitasi dalam rangka akreditasi sekolah/madrasah. Kondisi lainnya sebagai salah satu faktor penyebab masih adanya guru yang tidak atau jarang membuat rencana pembelajaran sebelum melakukan proses pembelajaran adalah belum memahami secara utuh bagaimana merencanakan pembelajaran. Kekhawatiran yang terjadi adalah, dapat saja arah pembelajaran tidak sejalan dengan kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum mata pelajaran yang dipedomani guru dalam pembelajaran. Guru semata-mata mendasarkan diri pada buku-buku paket yang dipegang sebagai satu-satunya acuan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, buku ini sebagai salah satu panduan praktis guru dalam mengembangkan rencana pembelajaran, kehadirannya sangat membantu untuk menambah keterampilan guru maupun calon guru dalam merencanakan pembelajaran ke arah pembelajaran yang efektif. Penulisan buku ini banyak didasarkan atas pengalaman penulis yang telah cukup banyak terlibat dalam berbagai pelatihan, termasuk pelatihan dalam mengembangkan rencana pembelajaran bagi guru-guru. Dengan demikian, penulis berharap kehadiran buku yang cukup simpel ini dapat membantu guru dan calon guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran, baik bagi guru mata pelajaran maupun guru kelas (tematik) di SD/MI.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; silabus; KTSP 2006
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 25 Sep 2021 10:22
Last Modified: 25 Sep 2021 10:22
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/603

Actions (login required)

View Item View Item