Wildan, Wildan (2012) Paktis merancang pembelajaran. Kurnia Kalam Semesta, Yogyakarta. ISBN 978-979-8596-87-6

[img] Text (Buku)
242.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (874kB)

Abstract

INDONESIA Buku ini berjudul Praktis Merancang Pembelajaran disusun untuk membantu para peminat pendidikan, teoretis, maupun praktis di bidang pendidikan, baik bagi para mahasiswa di FKIP, IKIP, Fakultas Tarbiyah, serta garu dan calon guru yang hendak mengabdi dalam dunia kependidikan dan kepengajaran. Mengajar hukanlah tugas sederhana. Ia menuntut profesionalitas. Aktivitas pengajaran sangat urgen sebab ta berkaitan dengan upaya mengubah, mengembangkan, dan mendewasakan insan didik Aktivitas pengajaran yang dikelola secara terprogram, teratur, dan mengikuti prinsip-prinsip pengelolaan serta kaidah-kaidah kepengajaran yang baik merupakan tuntutan yang semestinya terhadap pelaksanaan pengajaran. Evaluasi formatif ini bertujuan untuk meningkatkan apa yang harus ditingkatkan dan direvisi agar produk yan dihasilkan tersebut menjadi lebih efisien dan efektif. Dalam pernacangan suatu produk maka evaluasi formatif harus dilakukan. Dengan demikian yang dimaksudkan dengan evaluasi formatif adalah proses yang menyediakan dan menggunakan informasi untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan dalam rangka meningkarkan kualitas produk atau program instruksional (Atwi Suparman). Dalam melaksanakan evaluasi formatif terhadap produk atau program instruksional melalui tahapan yaitu (1) review ahli bidang studi, (2) evaluasi satu-satu, (3) evaluasi kelompok kecil, (4) uji lapangan. Revisi terhadap produk program instruksional dapat dikelompokkan menjadi (1) isi produk instruksional, baik yang terdapat dalam produk instruksional tersebut maupun yang diuraikan oleh pengajar (2) kegiatan instruksional yang meliputi prosedur penggunaan bahan instruksional dan penyajian atau presentasi dan (3) kualitas fisik bahan instruksional.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: kegiatan intruksional; desain pembelajaran; kompetensi dasar; tes acuan patokan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 26 Sep 2021 08:49
Last Modified: 26 Sep 2021 08:49
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/604

Actions (login required)

View Item View Item