Sobry, M. (2020) Manajemen program akselerasi bagi anak berbakat: studi kualitatif pada tiga SMP di Jakarta Timur. Documentation. UNSPECIFIED, Jakarta. (Unpublished)

[img] Text (Dokumen)
Text.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (802kB)
[img] Text (Artikel yang di review)
Text.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (794kB)

Abstract

INDONESIA Anak berbakat adalah anak yang memiliki satu keunggulan atau mampu dalam satu bidang atau lebih, baik yang bersifat umum maupun khusus. Banyak di antara anak berbakat ini kurang mendapat perhatian yang serius sehingga potensi yang mereka miliki kurang bisa mereka salurkan secara maksimal. Anak berbakat itu laksana tanaman yang membutuhkan seseorang yang dapat membimbing dan membantunya agar berkembang secara alamiah, menghilangkan berbagai kendala yang ada di hadapannya, serta merintis jalan baginya. Anak berbakat pun membutuhkan seseorang yang dapat memahami serta menghargai kelebihan dan bakatnya, atau orang-orang yang mampu menggali bakat dan minatnya. Secara umum anak berbakat tidak dapat dipisahkan dari keseluruhan kerja tim pendidikan yang harus multidisiplin. Untuk pelayanan anak-anak berbakat ini tidak mudah dan tentu tidak sama dengan menangani anakanak biasa (kelas reguler). Pelaksanaan pendidikan bagi anak berbakat perlu dikelola dengan serius, baik yang berhubungan dengan proses perekrutan siswa, lebih-lebih yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia (manajemen sumber daya guru). Guru yang akan mendidik anak berbakat perlu diseleksi dengan baik dan diperlukan pengembangan sumber daya untuk dapat mendukung tugasnya dalam mengelola pelaksanaan pendidikan bagi anak-anak berbakat di sekolah. Berdasarkan adanya pengharapan yang besar terhadap anak berbakat, maka dibentuk pendekatan bagi anak berbakat sehingga diperlukan manajemen pendidikan yang tepat agar anak berbakat tidak mengalami kerugian bagi pengembangan potensi anak berbakat lainnya. Dengan manajemen pendidikan yang terprogram, maka akan memberikan peluang bagi anak berbakat untuk berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimiliknya. Mengingat sekolah sebagai unit pelaksana pendidikan formal terdepan dengan berbagai keragaman potensi anak didik yang memerlukan layanan pendidikan yang beragam, kondisi lingkungan yang berbeda satu dengan lainnya termasuk untuk menangani anak-anak yang berbakat, maka sekolah harus dinamis dan kreatif dalam melaksanakan perannya untuk mengupayakan peningkatan kualitas/mutu pendidikan. Sebuah sekolah tidak dengan mudah membuka program khusus untuk anak berbakat, banyak faktor-faktor yang harus dimiliki. Kenyataan masih dapat dihitung dengan jari sekolah-sekolah yang mampu menyiapkan apa yang dibutuhkan oleh anak berbakat sehingga mereka dapat mengekspresikan diri secara optimal dan juga dapat memberikan sumbangan baik untuk diri mereka sendiri maupun untuk masyarakat dan bangsa. Beberapa tahun belakangan ini, muncul beberapa sekolah yang menyelenggarakan pendidikan khusus untuk anak berbakat dalam bentuk akselerasi (percepatan belajar). Keberadaan program akselerasi di sekolah merupakan salah satu usaha pelayanan pendidikan bagi anak berbakat yang tujuannya adalah agar anak berbakat tersebut mampu mengembangkan dan mengoptimalisasi bakat yang dimilikinya. Program akselerasi ini bisa diikuti oleh siswa yang memenuhi syarat yang telah ditetapkan. Setelah melalui proses identifikasi dan seleksi, mereka dikumpulkan dalam satu kelas khusus yang berbeda dengan kelas biasa (reguler). Di antara perbedaannya adalah lamanya waktu penyelesaian pendidikan yakni hanya selama dua tahun, setahun lebih cepat dari program reguler.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: manajemen; akselerasi; anak berbakat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 01 Nov 2021 08:01
Last Modified: 17 Nov 2021 07:06
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item