Lubna, Lubna (2020) Pendidikan Islam: dinamika pertumbuhan dan perkembangannya dari masa ke masa. Sanabil, Mataram. ISBN 978-623-317-024-6

[img] Text (Buku Referensi)
Dinamika Pendidikan Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text (Text)
1.HKI Dinamika Pendidikan Islam.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (772kB)

Abstract

INDONESIA Dalam tinjauan historis, pendidikan Islam dimulai sejak Nabi Muhammad SAW diutus menjadi Rasul. Pendidikan pertama yang ditanamkan oleh Rasulullah SAW adalah pendidikan akhlak yaitu mengajarkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan Umat pada saat itu. Setelah peletakan tonggak pertama pendidikan oleh Rasulullah, dinamika pendidikan Islam berlansung sangat progresif, terutama pada masa klasik pada tiga periode pertama (sekitar tahun 650-1000 Masehi), yaitu pada masa kejayaan Islam. Dinamika pendidikan Islam terus berkembang hingga masa modern, tepatnya pada akhir abad ke XIX dan semakin berkembang pada periode sesudahnya. Dinamika perkembangan pendidikan Islam diikuti pula oleh pengembangan institusi atau kelembagaan pendidikan Islam. Pendidikan Islam secara kelembagaan mengalami perubahan secara fluktuatif mulai dari periode pertama sampai saat ini, seperti yang terjadi di Indonesia. Institusi dan metodologi yang diterapkan disesuaikan dengan perkembangan zaman, sehingga pelembagaan pendidikan Islam juga mengalami perkembangan mulai dari masa klasik sampai masa modern. Di samping lembaga yang bersifat umum seperti masjid, terdapat juga lembaga-lembaga lain yang memiliki karaktistik yang berorientasi sebagai embrio institusi pendidikan Islam, seperti masjid-khan (masjid yang dilengkapi dengan asrama dan pemondokan) dan madrasah. Masjid dalam konteks sejarah pendidikan Islam, bukanlah masjid yang hanya berfungsi sebagai tempat shalat bagi masyarakat umum yang dikenal dengan masjid jami’. Masjid yang dimaksud sebagai tempat pendidikan adalah masjid yang berfungsi di samping sebagai tempat shalat, juga sebagai tempat pendidikan (majlis ta’lim). Perkembangan masjid sebagai tempat pendidikan ini didukung oleh para penguasa seperti Adud al-Daulah (w 965), al-Sahib Ibn ‘Abbad (w. 995) dan Di’lil al-Sijistani (w. 965) yang kemudian dikenal sebagai pelopor perkembangan masjid pendidikan (majlis ta’lim). Masjid-khan merupakan masjid yang dilengkapi dengan bangunan khan (asrama dan pemondokan)yang bergandengan dengan masjid. Asrama disediakan sebagai tempat penginapan bagi para pelajar yang datang dari berbagai kota. Periode ini mengalami perkembangan yang cukup pesat pada abad ke X yang ditandai dengan berdirinya 3000 masjid khan di bawah kekuasaan Adul al Daulah (w. 965). Sedangkan madrasah merupakan lembaga pendidikan yang terdiri dari ruang belajar, pondokan dan masjid. enurut Makdisi, badr bin hasanawaih al Kurdi (w. 1015), perkembangan madrasah dipelopori oleh Nizam al Mulk (w. 1063). Dalam konteks Indonesia, pendidikan Islam mulai berkembang sejak Islam masuk ke Indonesia melalui Gujarat. Lembaga pendidikan Islam yang pertama di Indonesia yang berpadu dengan ke-khas-an dan keunikan budaya Indonesia adalah dalam bentuk kelembagaan pondok pesantren. Dalam perkembangannya pondok pesantren juga mengalami perkembangan dengan pembukaan embaga formal madrasah sampai berdirinya madrasah unggulan dengan berbagai variannya. Demikian juga dengan lembaga pendidikan tinggi mengalami perkembangan yang cukup pesat, baik dari aspek kelembagaan maupun jumlahnya. Dari aspek kelembagaan beberapa perguruan tinggi Islam mengalami perkembangan dalam bentuk alih status, seperti yang terjadi dibeberapa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN): mulai dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan ke Universitas Islam Negeri (UIN). Perkembangan lembaga pendidikan Islam mulai dari masa-masa awal atau periode klasik, periode pertengahan sampai abad modern, menjadi kajian dalam buku ini. Disertai dengan ulasan perkembangan pendidikan Islam dalam konteks ke-Indonesiaan sebagai kajian historis pendidikan Islam, yang dilengkapi contoh kajian pendidikan konteks local di pulau Lombok, baik pesantren maupun madrasah.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam; dinamika pertumbuhan; perkembangan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pendidikan Sosial
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 07 Jan 2022 09:12
Last Modified: 07 Nov 2022 00:06
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item View Item