Saimun, Saimun (2021) Implementasi pendidikan agama Islam untuk mendukung perkembangan aspek sosial emosional siswa TK Islam Intan Cendekia. Jurnal Pendidik Indonesia, 4 (2). pp. 137-147. ISSN 2722-8134

[img] Text (Artikel Jurnal)
implementasi pendidikan agama Islam.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (405kB)
Official URL: http://jurnal.intancendekia.org/index.php/JPIn/art...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan agama islam dalam mendukung perkembangan aspek sosial emosional dan metode yang digunakan dalam implementasi pendidikan agama islam untuk mendukung perkembangan aspek sosial emosional siswa TK Islam Intan Cendekia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggali dan memperoleh data yang akurat dan objektif. Analisis data kualitatif yang dilakukan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan agama islam di TK Islam Intan Cendekia sudah dilaksanakan, terlihat dari beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu: (1) perencanaan pembelajaran yang termuat dalam RPPM dan RPPH; (2) pelaksanaan pembelajaran yang disisipkan dalam kegiatan belajar sehari-hari yang terdiri dari kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (3) evaluasi perkembangan peserta didik dengan memberikan penilaian perkembangan aspek sosial emosional dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah yang dilakukan oleh guru. Metode yang digunakan oleh guru untuk mendukung perkembangan aspek sosial emosioanal yaitu metode pembiasaan, menghafal, bernyanyi, karyawisata, menggambar bercerita, bermain.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi; PAI; agama; sosial; emosional
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160512 Social Policy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Raden . Jie
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:25
Last Modified: 04 Oct 2022 02:25
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/875

Actions (login required)

View Item View Item