Saimun, Saimun (2022) Stimulasi aspek perkembangan sosial emosional siswa TK Islam Intan Cendekia kota Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8 (1). ISSN 2442-9511

[img] Text
simulasi aspek perkembangan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (197kB)
Official URL: http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/ar...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Sosial Emosional merupakan faktor penting bagi kehidupan anak usia dini. Anak-anak menggunakan sosial emosional mereka untuk dapat bertahan hidup. Salah satu faktor dalam perkembangan emosi anak usia dini adalah guru. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan metode stimulasi yang diberikan oleh guru untuk mengembangkan aspek sosial emosional siswa TK Islam Intan Cendekia Mataram, dan 2) mendeskripsikan aspek sosial emosional siswa TK Islam Intan Cendekia Mataram yang muncul setelah pemberian stimulus oleh guru. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Partisipan dalam peneltian ini adalah 4 orang guru dan 30 siswa TK Islam Intan Cendekia Mataram tahun ajaran 2021-2022. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode stimulasi yang diberikan oleh guru untuk mengembangkan aspek sosial emosional siswa TK Islam Intan Cendekia Mataram metode bermain peran, metode bercerita atau mendongeng, dan metode bernyanyi. Aspek sosial emosional yang muncul saat menggunakan metode bermain peran yaitu kesadaran diri, tanggung jawab, dan prososial. Aspek sosial emosional yang muncul saat menggunakan metode bercerita atau mendongeng yaitu kesadaran diri dan prososial. Aspek sosial emosional yang muncul saat menggunakan metode bernyanyi yaitu kesadaran diri, tanggung jawab, dan prososial.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sosial. pendidikan. anak usia dini. emosional
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160809 Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Raden . Jie
Date Deposited: 20 Jan 2022 05:41
Last Modified: 12 Apr 2022 01:47
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/876

Actions (login required)

View Item View Item