Wahyudiati, Dwi (2021) Eksplorasi sikap ilmiah dan pengalaman belajar calon guru kimia berdasarkan gender. SPIN Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3 (1). pp. 45-53. ISSN p-ISSN 2580-2623 e-ISSN: 2745-6854

[img] Text (Artikel Jurnal)
Jurnal SPIN Juni 2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (520kB)
[img] Text (Peer Review)
Jurnal SPIN 1 Peer review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (734kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/spin/ar...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi sikap ilmiah dan pengalaman belajar calon guru kimia. Sampel penelitian terdiri dari 100 orang calon guru kimia (65 wanita dan 35 laki-laki) yang ditentukan melalui teknik purposive random sampling. Design penelitian menggunakan cross-sectional survey dan focus group interview, serta teknik pengumpulan data menggunakan angket Chemistry Attitudes and Experiences atau CAEQ dan wawancara. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dianalisis dengan uji MANOVA pada taraf signifikansi 0,05, sedangkan teknik analisis Patton digunakan untuk menganalisis data hasil wawancara. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tingkat sikap ilmiah calon guru kimia lebih tinggi dibandingkan dengan pengalaman belajar kimia yang dimiliki, serta terdapat perbedaan sikap ilmiah dan pengalaman belajar calon guru kimia berdasarkan gender. Temuan penelitian berdasarkan hasil wawancara sangat relevan dengan hasil survey yang membuktikan bahwa mahasiswa laki-laki dan perempuan memiliki sikap positif terhadap kimia berdasarkan pengalaman belajar yang diperoleh selama proses pembelajaran sehingga berpengaruh terhadap sikap ilmiah yang dimiliki calon guru kimia. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran di kelas yang diintegrasikan dengan kegiatan praktikum di laboratorium sangat urgen untuk dimaksimalkan pelaksanaannya sehingga diharapkan mampu mengembangkan kemampuan soft skills dan hasil belajar calon guru kimia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: calon guru kimia; pengalaman belajar; perbedaan gender; sikap ilmiah
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: Prof. Dr. ADI FADLI
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:28
Last Modified: 25 Jan 2022 07:28
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/913

Actions (login required)

View Item View Item