Wahyudiati, Dwi (2021) Ethnochemistry: analisis relevansi materi sistem periodik unsur dengan kearifan lokal sasak. SPIN Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3 (2). pp. 190-199. ISSN 2580-2623

[img] Text (Buku)
Jurnal SPIN des 2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (716kB)
[img] Text (Peer Review)
Jurnal SPIN 2 Peer review.pdf - Supplemental Material
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (736kB)
Official URL: https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/spin/ar...

Downloads

Downloads per month over past year

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan menganalisis relevansi materi sistem periodik unsur (SPU) dengan kearifan lokal Sasak yang memiliki potensi sebagai salah satu sumber belajar kimia. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tradisi masyarakat Sasak, timbal (Pb) sebagai salah satu contoh unsur golongan IVA dan besi (Fe) yang merupakan golongan VIB dan terletak periode 4 banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Sasak bahan dalam membuat alat-alat musik tradisional (terumpang, gong, oncer atau petuk, kenceng, dan rencek), alat-alat untuk upacara adat, upacara keagamaan, maupun kesenian tradisional. Selain besi (Fe), beberapa jenis unsur seperti emas (Au), perak (Ag), tembaga (Cu) yang menempati golongan IB, dan unsur seng (Zn) yang berada pada golongan IIB. Unsur-unsur tersebut banyak dimanfaatkan karena berkaitan dengan sifat fisika dan sifat kimia unsur-unsur tersebut yaitu mudah ditempa, tidak mudah berkarat, mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, dan tidak bersifat reaktif. Kesimpulan penelitian yaitu terdapat relevansi materi sistem periodik unsur dengan kearifan lokal Sasak yaitu pada sub pokok bahasan penggolongan periodik unsur dan keragaman sifat unsur. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya perlu dilakukan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar kimia terintegrasi kearifan lokal Sasak sebagai bentuk implementasi dalam pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ethnochemistry; kearifan lokal sasak; sistem periodic unsur
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences > 039999 Chemical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Kimia
Depositing User: Prof. Dr. ADI FADLI
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:04
Last Modified: 26 Jan 2022 02:04
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/914

Actions (login required)

View Item View Item