Astuti, Alfira Mulya (2013) Optimalisasi kualitas layanan melalui analisis antrian pada pusat pelayanan mahasiswa FITK IAIN Mataram. In: Antologi hasil penelitian Islam dalam pergumulan lokalitas & institusi pendidikan. Pusat Peneltian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 265-278.

[img] Text (Book Section)
10.Irzani 265-278.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (563kB)

Abstract

INDONESIA Pelayanan mahasiswa di kampus IAIN Mataram dititikberatkan pada fakultas masing-masing. Fakultas Tarbiyah merupakan salah satu fakultas yang ada di IAIN Mataram. Berdasarkan hasil wawancara langsung dengan Kepala Sub-bagian Akademik FITK (yang selanjutnya disebut fakultas tarbiyah dalam penelitian ini), jumlah mahasiswa setiap tahun di fakultas tarbiyah semakin bertambah. Hal ini ditandai dengan semakin panjangnya antrian mahasiswa yang ingin mendapatkan pelayanan pada pusat pelayanan mahasiswa. Terdapat beberapa masa sibuk yang terjadi pada tiap semester di fakultas tarbiyah yang menyebabkan antrian di luar kapasitas, diantaranya masa pendaftaran ulang mahasiswa baru, pembayaran SPP, pengurusan nilai dan pendaftaran ujian skripsi, dan lain sebagainya. Antrian merupakan hal yang harus dilakukan oleh seseorang bilamana sedang menunggu giliran untuk dilayani. Antrian yang panjang dan juga lama untuk mendapatkan giliran dalam pelayanan jasa kadang membuat bosan dalam menunggunya apalagi jika kondisi fasilitas pelayanan kurang mendukung. Inilah yang dirasakan oleh mahasiswa di fakultas tarbiyah ketika antri menunggu giliran untuk mendapatkan pelayanan. Bahkan sering kali meninggalkan antrian karena terlalu lama menunggu. Namun demikian, mau tidak mau mahasiswa harus menjalani itu semua untuk memenuhi kebutuhannya meskipun terkadang harus menahan panas terik matahari. Kondisi ini perlu mendapatkan perhatian dari para pengelola perguruan tinggi terkhusus di fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Mahasiswa sebagai pelanggan atau konsumen selayaknya mendapatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas merupakan pilar utama untuk membangun eksistensi, citra diri, dan reputasi IAIN Mataram di masa yang akan datang. Untuk itu, perlu diteliti suatu pemodelan analisis antrian untuk mengoptimalkan kualitas pelayanan pada mahasiswa di fakultas tarbiyah IAIN Mataram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram pada akhir semester genap tahun akademik 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa di Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling dipilih dengan alasan bahwa sampel penelitian memiliki karakteristik yang telah ditentukan. Karakteristik yang dimaksud adalah mahasiswa yang mengunjungi pusat pelayanan mahasiswa untuk mendapatkan pelayanan diantaranya mengurus kartu rencana studi (KRS). Berdasarkan hasil analisis data dan temuan, maka disimpulkan sebagai berikut : 1. Sistem antrian pada pusat pelayanan mahasiswa di Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram berpola antrian multi channel single server atau jalur ganda dengan satu fasilitas pelayanan. Dengan karakteristik antrian populasi tidak terbatas, pola kedatangan berdistribusi Poisson, disiplin antrian berupa first in first out, pola pelayanan berdistibusi eksponensial, dan panjang antrian tidak terbatas. 2. Usulan model antrian yang dapat digunakan oleh pusat layanan di Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram adalah dengan menambah 3 (tiga) petugas untuk melayani mahasiswa sehingga berjumlah 5 (lima) orang. Penambahan jumlah petugas tersebut menghasilkan nilai tingkat kegunaan petugas () sebesar 52 % dengan waktu rata-rata dalam antrian sebesar 0,13 menit (7,96 detik) dan jumlah ratarata mahasiswa yang menunggu sebanyak 1 (satu) orang mahasiswa. 3. Biaya optimal yang dikeluarkan dengan mengoperasikan server sebanyak 5 (lima) server sebesar Rp. 77.531. Meskipun jumlah servernya banyak, namun jika dikaitkan dengan karakteristik antrian lainnya, maka untuk mengoptimalkan pelayanan sebaiknya dioperasikan 5 (lima) server semasa pengurusan KRS di Fakultas Tarbiyah IAIN Mataram.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: layanan; pola antrian; jalur ganda
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 11 Feb 2022 07:48
Last Modified: 12 Apr 2022 01:05
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item