Suhirman, Suhirman and Yahdi, Yahdi (2013) Pengaruh metode pembelajaran dan konsep diri terhadap kesadaran mahasiswa dalam melestarikan lingkungan kampus di IAIN Mataram. In: Antologi hasil penelitian islam dalam pergulatan dengan lokalitas & institusi pendidikan. Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Mataram, Mataram, pp. 345-360.

[img] Text (Book Section)
14.Suhirman 345-360.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (493kB)

Abstract

INDONESIA Berdasarkan observasi, gambaran pengetahuan lingkungan pada mahasiswa IPA Biologi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Mataram masih bersifat ilmu pengetahuan (education about environment). Dimana mahasiswa memperoleh berbagai informasi mengenai permasalahan lingkungan (kerusakan lingkungan) baik secara alami maupun buatan secara teoritis, sehingga mereka belum memiliki kemampuan dan kepekaan bertindak untuk memelihara dan menjaga lingkungan sesuai dengan kapasitasnya. Dengan demikian, pendidikan lingkungan yang terjadi selama ini belum mampu mendorong keterampilan untuk bertindak (education for environment). Masih rendahnya kepedulian dan kesadaran lingkungan seperti yang diuraikan di atas, tidak terlepas dari berbagai pengaruh dalam kegiatan pembelajaran, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal diantaranya adalah konsep diri (self concept) mahasiswa, sedangkan faktor eketernal adalah kemampuann dosen memilih dan menerapkan metode pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswa, profesionalisme dosen, sarana prasarana laboratorium IPA, lingkungan kampus yang memberikan ruang cukup bagi mahasiswa untuk mengelola lingkungan yang sehat dan nyaman. Berdasarkan latar belakang masalah yang memfokuskan pada faktor-faktor yang mempengaruhi konsep diri dan tingkat kesadaran mahasiswa tentang pelestarian lingkungan hidup, maka masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan tingkat konsep diri mahasiswa yang diajarkan dengan metode ekspositori dan berbasis masalah?; apakah terdapat perbedaan tingkat kesadaran mahasiswa dalam melestarikan lingkungan hidup yang diajarkan dengan metode ekspositori dan berbasis masalah?; dan apakah ada pengaruh konsep diri terhadap tingkat kesadaran mahasiswa dalam melestarikan lingkungan hidup?.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang terdiri atas 2 variabel perlakuan dan satu variable terikat. Sebagai variabel perlakuan adalah metode pembelajaran yang terdiri dari 2 jenis metode yakni pembelajaran berbasis masalah dan ekspositori. Variabel terikat dalam hal ini adalah tingkat kesadaran dalam melestarikan lingkungan. Selain metode pembelajaran sebagai variabel perlakuan, pada penelitian ini juga menggunakan konsep diri sebagai variabel atribut, yang secara teoritik merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi munculnya kesadaran mengenai kelestarian lingkungan hidup. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah atau kesatuan individu yang memiliki sifat-sifat sama sehingga dapat diberlakukan generalisasi. Populasi dibedakan menjadi dua, yakni populasi sasaran atau target (target population) dan populasi terjangkau (accessable population). Populasi target dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa IAIN Mataram, dengan karakteristik yang mempunyai kepedulian, kesadaran dan perhatian yang tinggi dalam melestarikan lingkungan hidup. Berdasarkan pembahasan dan hasil analisa data serta pengujian hipotesis, dari hasil penelitian ini dapat di tarik beberapa simpulan sebagai berikut: 1. Tidak terdapat perbedaan konsep diri antara mahasiswa yang belajar dengan metode berbasis masalah dengan mahasiswa yang belajar dengan metode ekspositori. 2. Tidak terdapat perbedaan kesadaran lingkungan hidup antara mahasiswa yang belajar dengan metode berbasis masalah dengan mahasiswa yang belajar dengan metode ekspositori. 3. Terdapat pengaruh positif konsep diri terhadap kesadaran lingkungan hidup dengan kontribusi sebesar 9,5%.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: pembelajaran; kesadaran mahasiswa; kampus
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: mrs Nuraeni S.IPi
Date Deposited: 13 Feb 2022 07:28
Last Modified: 13 Feb 2022 07:28
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item