Nurhilaliati, Nurhilaliati (2018) Pendidikan nilai pada sekolah dasar berbasis agama di Kota Mataram: Studi di SDK Aletheia & SD LHIBS. Project Report. Lemlit UIN Mataram, Mataram. (Unpublished)

[img] Text (Laporan Penelitian)
ModelPendidikanNilai.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA “Pendidikan Nilai pada Sekolah Dasar Berbasis Agama di Kota Mataram (Studi di SDK Aletheia dan SDI LIBS Ampenan)”, dilatarbelakangi oleh kegelisahan banyak pihak terhadap dunia sekolah, terkait proses pendidikan yang lebih banyak difokuskan pada pencapaian bidang akademik, dan mengabaikan pembinaan pada bidang afektif dan psikomotor. Kedua lokasi penelitian, adalah lembaga pendidikan yang “berani” keluar dari tradisi yang umum berlaku, yaitu dengan menawarkan pendidikan yang berbasiskan nilai-nilai agama yang dianut oleh masing-masing. Dengan model pembinaan yang dilakukannya, peserta didik memiliki prestasi akademik yang tidak kalah dengan sekolah lain, namun dengan kelebihan karakter baik yang dimiliki peserta didiknya. Focus penelitian ini adalah “bagaimana model pendidikan nilai pada sekolah dasar berbasis agama di Kota Mataram?” tujuannya adalah ingin mengetahui model pendidikan nilai pada sekolah dasar berbasis agama di Kota Mataram. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang berusaha memaparkan temuan lapangan secara naratif dalam kategori-kategori tertentu. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Setelah melakukan analisis, diperoleh hasil: 1) nilai-nilai yang dikembangkan di SDK Aletheia adalah dua belas nilai Kristiani yang diangkat dari alKitab, dan di SDI LIBS adalah nilai-nilai yang diderivasi dari ajaran dasar Islam; aqidah, akhlak, dan mu’amalah. 2) pendidikan nilai di kedua sekolah dilakukan dengan metode pembiasaan dan keteladanan. 3) kendala yang dihadapi oleh kedua sekolah adalah kendala internal dan eksternal, sedangkan solusi yang dilakukan adalah dengan mengintensifkan pendampingan dan meningkatkan komunikasi dengan pihak keluarga peserta didik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: pendidikan nilai; berbasis agama; nilai yang diyakini; pembiasaan; contoh teladan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Nurhilaliati Hilal
Date Deposited: 26 Jan 2021 00:11
Last Modified: 26 Jan 2021 00:11
URI: http://repository.uinmataram.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item